Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Debt to Equity Ratio (DER), dan Return on Equity (ROE) Terhadap Harga Saham: Penelitian Pada Perusahaan Sub-Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016

Ismail, Muhammad Buyung (2018) Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Debt to Equity Ratio (DER), dan Return on Equity (ROE) Terhadap Harga Saham: Penelitian Pada Perusahaan Sub-Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan bagi sebuah perusahaan yang elah go public adalah memaksimumkan nilai perusahaan tersebut. Nilai perusahaan menggambarkan mengenai kekayaan para pemegang sahamnya, semakin tinggi nilai perusahaan maka akan semakin tinggi juga kekayaan para pemegang sahamnya. Nilai perusahaan tersebut tercermin dari harga saham perusahaan tersebut di pasar. Untuk memenuhi tujuan tersebut, maka manajemen perusahaan harus mampu mengelola perusahaannya agar harga saham yang tercipta di pasar tetap terjaga dan terus mengalami peningkatan. Harga saham yang tercipta di pasar dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya kondisi internal perusahaan dan kondisi makro perekonomian. Dari sisi internal perusahaan harga saham dipengaruhi oleh kondisi perusahaan tersebut yang dapat diukur dengan menggunakan rasio-rasio, di antaranya pertumbuhan perusahaan, debt to equity ratio dan return on equity. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Debt to Equity Ratio dan Return on Equity terhadap Harga Saham pada 35 sampel perusahaan Sub-Sektor Properti dan Real Estate yang terdaftar di BEI periode 2012-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang telah dipublikasikan oleh perusahaan melalui Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggambarkan analisis suatu hasil yang kemudian menguji hipotesis dari data dan fakta yang ada. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan alat bantu aplikasi Eviews versi 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Pertumbuhan Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Harga Saham dengan t-hitung sebesar 0.430086, probabilitas sebesar 0.6678 dan nilai t-tabel sebesar 1.97393. Debt to Equity Rasio berpengaruh terhadap Harga Saham dengan t-hitung sebesar -2.268061, probabilitas sebesar 0.0249 dan nilai t-tabel sebesar -1.97393. Return on Equity tidak berpengaruh terhadap Harga Saham dengan t-hitung sebesar 0.554737 dan, probabilitas sebesar 0.5800 dan nilai t-tabel sebesar 1.97393 . Pertumbuhan Perusahaan, Debt to Equity Ratio dan Return on Equity secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham dengan nilai t-statistik sebesar 31.15129 dengan tingkat signifikansi 0.000000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Perusahaan;Debt to Equity Rasio;Return on Equity;Harga Saham
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
General Management > Decision Making Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Muhammad Buyung Ismail
Date Deposited: 12 Sep 2018 06:43
Last Modified: 12 Sep 2018 06:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13505

Actions (login required)

View Item View Item