Pengaruh Kualitas Pelayanan Pustaka terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan (Penelitian pada Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Tahun 2014-2015)

Meidi Adhitya Putra, Meidi (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pustaka terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan (Penelitian pada Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Tahun 2014-2015). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan pustaka terhadap kepuasan pengguna perpustakaan (penelitian pada perpustakaan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas padjadjaran tahun 2014-2015). Penulis menggunakan teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Gronroos dalam Hut dan Spech yang di kutip oleh Tjiptono (1996:60) dimana variabel independent (X) tersebut berjumlah 3 dimensi yang terdiri dari technical quality, functional quality dan corporate image dan merupakan permasalahan pada perpustakaan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas padjadjaran sedangkan teori kepuasan pengguna yang dikemukakan oleh Supranto (2006:14) dimana variabel dependent (Y) tersebut berjumlah 5 dimensi yang terdiri dari Availability of Support (Keberadaan pendukung), Responsiveness of Support (Ketanggapan pendukung), Time Lines of Support (Ketetapan waktu pendukung), Completeness of Support (Penyelesaian pendukung), dan Pleasantness of Support (Kesenangan pendukung). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian ekplanasi asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan kuisioner atau angket sebagai pengumpulan data yang utama serta didukung oleh observasi dan wawancara. Pengambilan sampel terhadap populasi yang ada dengan menggunakan teknik random sampling yaitu berjumlah 97 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas kualitas pelayanan pustaka adalah baik yaitu sebesar 72,54% dan realitas kepuasan pengguna perpustakaan adalah baik yaitu sebesar 711,34%. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pustaka terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan (Penelitian pada Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran tahun 2014-2015) adalah sebesar 38% sehingga dapat disimpulkan terjadi pengaruh yang cukup secara positif dan signifikan sedangkan sisanya 62% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Adapun berdasarkan hasil perhitungan diperoleh besarnya pengaruh technical quality terhadap kepuasan pengguna perpustakaan maka diperoleh nilai t hitung dan t tabel adalah (t hitung > t tabel) / (4,321 > 1,985) artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara technical quality terhadap kepuasan pengguna perpustakaan. Besarnya pengaruh functional quality terhadap kepuasan pengguna perpustakaan maka diperoleh nilai t hitung dan t tabel adalah (t hitung > t tabel) / (7,069 > 1,985) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara functional quality terhadap kepuasan pengguna perpustakaan. Dan besarnya pengaruh corporate image terhadap kepuasan pengguna perpustakaan maka diperoleh nilai t hitung dan t tabel (t hitung > t tabel) / (5,730 > 1,985) artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara corporate image terhadap kepuasan pengguna perpustakaan. Kemudian besarnya pengaruh kualitas pelayanan pustaka secara simultan antara technical quality, functional quality, dan corporate image terhadap kepuasan pengguna perpustakaan maka diperoleh nilai f hitung dan f tabel adalah (f hitung > f tabel) / (19,030 > 2,70) artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara technical quality, functional quality dan corporate image terhadap kepuasan pengguna perpustakaan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Pustaka (technical quality, functional quality, corporate image) dan Kepuasan Pengguna Perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Pustaka (technical quality, functional quality, corporate image) dan Kepuasan Pengguna Perpustakaan.
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 02 May 2016 09:16
Last Modified: 03 Jun 2016 08:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item