Kompetensi kepribadian guru dan iklim komunikasi keluarga bagi pembinaan akhlak peserta didik: Penelitian di SDN 1 Cimanggu Kabupaten Sukabumi

Mariah, Eneng Yeni (2017) Kompetensi kepribadian guru dan iklim komunikasi keluarga bagi pembinaan akhlak peserta didik: Penelitian di SDN 1 Cimanggu Kabupaten Sukabumi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya akhlak peserta didik di SDN Cimanggu Kabupaten Sukabumi. Hal ini dikarenakan rendahnya kompetensi kepribadian guru sebagai tenaga pendidik dan diikuti dengan kurang baiknya iklim komunikasi keluarga sebagai bagian dalam pembinaan akhlak peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui kondisi obyektif kompetensi kepribadian guru, iklim komunikasi keluarga, dan akhlak peserta didik, hubungan kompetensi kepribadian guru dengan akhlak peserta didik, hubungan iklim komunikasi keluarga dengan akhlak peserta didik, dan hubungan kompetensi kepribadian guru dan iklim komunikasi keluarga dengan akhlak peserta didik. Kerangka pemikiran penelitian ini ialah akhlak peserta didik sebagai hasil dari pembinaan yang dilakukan di sekolah dan di keluarga. Guru merupakan salah satu komponen pendidikan yang sangat berperan dalam pembinaan akhlak di sekolah sehingga kompetensi kepribadian guru akan mempengaruhi akhlak peserta didik. Adapun iklim komunikasi keluarga baik secara langsung maupun tidak langsung akan membentuk dan mempengaruhi akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan mixed methods. (metode penelitian kombinasi) serta dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan: Pertama, kondisi obyektif kompetensi kepribadian guru secara kuantitatif ialah baik dengan prosentase 83% dan secara kualitatif kepribadian guru sudah sesuai dengan kompetensi kepribadian yang harus dimiliki olehnya. Kedua, kondisi obyektif iklim komunikasi keluarga secara kuantitatif ialah baik dengan prosentase 82% dan secara kualitatif menyatakan adanya keterbukaan, empati, dukungan serta kesamaan dalam iklim komunikasi keluarga. Ketiga, kondisi obyektif akhlak peserta didik secara kuantitatif baik dengan prosentase 82% dan secara kualitatif peserta didik mulai terbiasa berakhlak mulai. Keempat, secara parsial terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan akahlak peserta didik sebesar 0,360 (rendah). Kelima, secara parsial terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim komunikasi keluarga dengan akhlak peserta didik sebesar 0,840 (sangat tinggi). Keenam secara bersama-sama terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi kepriabdian guru dan iklim komunikasi keluarga dengan akhlak peserta didik sebesar 0,892 (sangat tinggi), adapun pengaruhnya secara simultan sebesar 79,60%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian; Komunikasi; Akhlak
Subjects: Specific Field of Public Administration > Departments of Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eneng Yeni Mariah
Date Deposited: 10 Sep 2018 09:40
Last Modified: 11 Jan 2022 08:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item View Item