Peran pengawasan Inisiatif zakat Indonesia dalam pendayagunaan dana zakat produktif: studi deskriptif di inisiatif zakat Indonesia jalan Cikutra no. 95 kota Bandung

Lukmana, Teguh Saputra (2018) Peran pengawasan Inisiatif zakat Indonesia dalam pendayagunaan dana zakat produktif: studi deskriptif di inisiatif zakat Indonesia jalan Cikutra no. 95 kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pendistribusian dana pendayagunaan zakat produktif, ada salah satu fungsi manajemen yang terus berperan aktif tanpa berhenti. Yaitu fungsi pengawasan, karena dengan adanya fungsi pengawasan seperti itu. Kita akan mengetahui seberapa berhasilkah pendayagunaan yang dilakukan oleh mustahiq untuk proses peralihan menjadi muzakki. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengawasan pihak IZI mengenai pendayagunaan dana zakat produktif. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pengawasan yang dilakukan, dari mulai tahapan, proses dan jenis pengawasannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh M. Manullang, yaitu pengawasan preventif. Asumsi dasarnya adalah untuk mengantisipasi kegagalan ketika pelaksanaan dari sebelumnya (pencegahan). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini digunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Manejemen Dakwah. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang menjadi landasan pemikiran dalam pengawasan dana zakat produktif adalah untuk mengantisipasi (preventif) terjadinya penyalahgunaan dana zakat yang harusnya di berdayagunakan, menjadi dana konsumtif yang sekali habis. Karena tujuan dari pendayagunaan dana zakat produktif menjadikan mustahik menjadi muzakki. Adanya ketakutan seperti itu pihak IZI melakukan pengawasan dengan mengadakannya pembinaan mustahik, yang bertujuan agar para mustahik memiliki kesadaran dalam mendayagunakan dana zakat produktif dengan seberdayanya. Dan memiliki rasa tanggung jawab sebagai modal utama juga kepercayaan untuk menggulirkan dana zakat produktif menjadi penopang hidupnya, yang pada akhirnya bisa mengubah dirinya yang asalnya mustahik menjadi muzakki. Penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa pengawasan Inisiatif Zakat Indonesia dalam pendayagunaan dana zakat produktif di kota Bandung cukup berperan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Produktif; Pengawasan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Teguh Saputra Lukmana
Date Deposited: 10 Sep 2018 08:04
Last Modified: 10 Sep 2018 08:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13414

Actions (login required)

View Item View Item