Pengaruh Kecerdasan Ruhaniah Terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Perantau Asal Minangkabau di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Darma, Rada Felia (2018) Pengaruh Kecerdasan Ruhaniah Terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Perantau Asal Minangkabau di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan ruhaniah adalah kecerdasan yang berlandaskan cinta kepada Allah dan makhluknya. Kecerdasan ruhaniah merupakan kecerdasan spiritual dengan nilai-nilai keimanan kepada Allah sebagai esensinya. Kecerdasan ruhaniah memberikan banyak kesempatan kepada manusia untuk melakukan apa saja tetapi harus diiringi dengan rasa cinta yang melahirkan tanggung jawab dengan menempatkan mahabbatullah sebagai kebenaran yang tertinggi. Sehingga manusia yang memiliki kecerdasan ruhaniah dapat membaur secara sosial dengan baik dan berlandaskan kepada tanggung jawab kepada Allah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kecerdasan ruhaniah dan kondisi penyesuaian sosial mahasiswa perantau asal Minangkabau serta mengetahui pengaruh kecerdasan ruhaniah terhadap penyesuaian sosial mahasiswa perantau asal Minangkabau di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian kuantitatif desriptif yaitu penelitian yang menggunakan data berupa angka yang dianalisa dan dijabarkan dalam bentuk tabel, grafik dan perhitungan statistika. Instrumen penelitian yang digunakan berupa studi pustaka, observasi, dan kusioner. Subjek penelitian adalah mahasiswa perantau asal Minangkabau di UIN Sunan gunung Djati bandung dengan mengambil lima puluh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52% mahasiswa perantau asal Minangkabau memiliki kecerdasan ruhaniah yang tinggi. Sedangkan pada variabel penyesuaian sosial 68% mahasiswa perantau asal Minangkabau masuk pada kategori tinggi. Kecerdasan ruhaniah berpengaruh sebesar 30,1% terhadap penyesuaian sosial mahasiswa perantau asal Minangkabau di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sisanya sebanyak 69,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan penelitian ini, penulis memberikan saran yang ditujukan kepada Mahasiswa perantau terutama asal Minangkabau dan kepada pihak Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan; Kecerdasan ruhaniah; penyesuaian sosial; mahasiswa Perantau; Perantau Minangkabau;
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: rada felia darma
Date Deposited: 12 Sep 2018 02:34
Last Modified: 12 Sep 2018 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item