Pembuatan sabun padat dari virgin coconut oil dengan ekstrak kulit durian (Durio zibethinus Murr): penelitiaan kimia terapan untuk pengembangan format lembar kerja berbasis TEA

Isyulistia, Isyulistia (2015) Pembuatan sabun padat dari virgin coconut oil dengan ekstrak kulit durian (Durio zibethinus Murr): penelitiaan kimia terapan untuk pengembangan format lembar kerja berbasis TEA. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I - revisi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II - revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III - revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV - revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8.BAB V - Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Sabun padat terbentuk melalui proses saponifikasi secara langsung dengan mereaksikan logam alkali dan asam lemak. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan optimasi variasi komposisi, waktu, dan konsentrasi KOH pada pembuatan sabun padat, menganalisis karakteristik mutu sabun padat, dan mendeskripsikan hasil uji kelayakan format lembar kerja pembuatan sabun padat dari VCO dengan ekstrak kulit durian (D. zibethinus Murr). Metode yang digunakan dalam penwlitian ini adalah R&D (Research and Development). Tahapan penelitian meliputi optimasi pembuatan produk, karakteristik produk, pembuatan lembar kerja mahasiswa berbasis TEA, uji validasi dan uji terbatas. Hasil perbandingan optimasi pembuatan sabun VCO dengan penambahan alkali KOH 40% yaitu 1:1, dengan penambahan ekstrak kulit durian (D. zibethinus Murr) 10%. Hasil karakteristik sabun yang diperoleh padat dari VCO dengan ekstrak kulit durian (D. zibethinus Murr) pada kondisi optimum menunjukkan: kadar air 22,43%, jumlah asam lemak 0,10%, fraksi tak tersabunkan 1,73%, jumlah alkali bebas 0,99%, pH 10,07, stabilitas busa 65,69%, dan stabilitas emulsi 89,43%. Sabun padat dari VCO dengan ekstrak kulit durian (D. zibethinus Murr) aktif menghambat bakteri Staphylococcus aureus dengan zona hambat 8,86 mm. Hasil validasi lembar kerja berbasis TEA dinyatakan valid dengan rata-rata rhitung sebesar 0,88 dengan nilai reliabilitas hasil uji terbatas sebesar 0,81. Dengan demikian lembar kerja pembuatan sabun padat dari VCO dengan ekstrak kulit durian (D. zibethinus Murr) dinyatakan dapat digunakan dalam pembelajaran kimia pada konsep saponifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Saponifikasi; VCO; Ekstrak Kulit Durian (D. zibethinus Murr); Lembar Kerja TEA
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 Sep 2018 07:30
Last Modified: 07 Sep 2018 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

View Item View Item