Bimbingan akhlak pada anak melalui sistem halaqah Quran; penelitian di SD Al-Quran Sukamiskin Bandung

Kuswandi, Sinta Hajrina (2018) Bimbingan akhlak pada anak melalui sistem halaqah Quran; penelitian di SD Al-Quran Sukamiskin Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari temuan masalah berkenaan dengan kemerosotan akhlak anak yang terjadi saat ini. Dimana anak bukan hanya menjadi korban, namun menjadi pemeran atas degradasi moral yang terjadi. Masa anak-anak menjadi masa yang penting dalam penanaman Akhlak. Oleh karena itu perlu adanya bimbingan khususnya dari orang tua dan umumnya bagi semua kalangan termasuk di lembaga formal. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui Bimbingan Akhlak pada Anak melalui Sistem Halaqah Quran di SD Al-Quran. (2) Untuk mengetahui Faktor Penunjang dan Penghambat Bimbigan Akhlak pada Anak melalui Sistem Halaqah Quran di SD Al-Quran. (3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai dari Bimbingan Akhlak pada Anak melalui Sistem Halaqah Quran di SD Al-Quran. Penelitian ini didasarkan kepada kerangka pemikiran bahwa bimbingan akhlak perlu dilakukan terutama kepada anak. Sebagai bekalnya dikehidupan kelak dan membentengi anak dari akhlak yang tidak baik yang dapat menghancurkan hidupnya. anak-anak mengalami keguncangan, bila tidak tepat penyalurannya dan tidak mendapat bimbingan yang baik akan menimbulkan akibat negatif seperti nakal yang ditibulkan dan direalisasikan oleh perbuatan jasmaninya misalnya suka melempar, memanjat, mengganggu orang lain dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menerapkan fenimena sosial atau suatu peristiwa. Memberi gambaran mengenai fakta secara akurat sistematika tantang bimbingan akhlak melalui Sistem Halaqah Quran dalam upaya membentuk akhlakul karimah. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa bimbingan akhlak pada anak melalui sistem Halaqah Quran diketahui berlangsung dengan efektif dan cukup berhasil. Dampaknya dapat dirasakan oleh Guru Al-Quran selaku pembimbing dan orang tua siswa yang melaporkan perubahan akhlak siswa yang diaplikasikan di rumah. Secara pemahaman, siswa sudah mampu memahami bagaimana akhlak yang baik yang harus dilakukan. Mampu mengklasifikasikan secara sederhana ruang lingkup akhlak diantaranya akhlak terhadap Allah Swt, Akhlak terhadap Orang tua, Akhlak terhadap guru, Akhlak terhadap diri sendiri dan Akhlak terhadap teman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Akhlak; Anak; Halaqoh; Quran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: sinta hajrina kuswandi
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:46
Last Modified: 06 Sep 2018 08:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13308

Actions (login required)

View Item View Item