Pemanfaatan media pembelajaran Pocket Book Digital untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Getaran Harmonis

Agustini, Rini (2018) Pemanfaatan media pembelajaran Pocket Book Digital untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Getaran Harmonis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam menghadapi perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi diharapkan dapat mendorong setiap guru untuk memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pocket book digital, mendeskripsikan pembelajaran antara kelas yang menggunakan media pocket book dengan yang tidak, serta membandingkan kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang menggunakan media pocket book digital dengan kelas tanpa menggunakan media. Metode penelitan adalah kuasi eksperimen dengan desain Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design.Populasinya peserta didik kelas X MIA MAN 1 Majalengka. Hasil penelitian menunjukkan keterlakasanaan aktivitas guru dan peserta didik berdasarkan lembar observasi di kelas eksperimen dan kontrol termasuk kategori sangat baik. Analisis kemampuan pemahaman masalah peserta didik secara keseluruhan pada kelas eksperimen diperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,77 termasuk pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari uji t dimana thitung (15,507) > ttabel (1,70). Media pembelajaran pocket book berbasis digital dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta pada materi getaran harmonis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Getaran Harmonis; Pemecahan Masalah; Pocket Book
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini Agustini Rundia
Date Deposited: 25 Feb 2019 05:40
Last Modified: 25 Feb 2019 05:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13296

Actions (login required)

View Item View Item