Terapi Penyakit Maksiat Menurut Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah : Analisis Kitab Al-Da'u Wa Al-Dawa'u Cetakan Kedua tahun 2012, Dar Ibnu Al-Jauzi, Mesir

Putra, Sakha Meindra (2017) Terapi Penyakit Maksiat Menurut Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah : Analisis Kitab Al-Da'u Wa Al-Dawa'u Cetakan Kedua tahun 2012, Dar Ibnu Al-Jauzi, Mesir. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Maksiat merupakan suatu kata yang dapat merusak seluruh Bani Adam, hal ini jika tidak segera ditangani dan diobati maka kerusakan akan semakin menjalar dan menyebar secara berkesinambungan. Maksiat sebagai suatu penyakit yang dapat menyerang hati, fisik dan kejiwaan manusia membuat seseorang menjadi lemah, sakit dan hidupnya jauh dari ketenangan. Upaya dalam mengobati penyakit tersebut ada yang bersifat Hissi untuk mengobati penyakit pada fisik dan juga Manawi untuk mengobati penyakit hati dan jiwa. Secara universal manusia merindukan kehidupan yang tenang baik jasmani maupun rohani, kesehatan dan keselamatan yang bukan hanya menyangkut badan dan harta akan tetapi menyangkut mental dan dan kejiwaannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pertama, Biografi Syaikh Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah dan Profil Kitab al-Dã’u wa al-Dawã’u. Kedua, konsep maksiat menurut Syaikh Ibnu al-Qayyim al-Jauziyyah dalam kitab al-Dã’u wa al-Dawã’u. Ketiga, terapi Penyakit maksiat menurut Syaikh Ibnu al-Qayyim al-Jauziyyah dalam kitab al-Dã’u wa al-Dawã’u. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (non-statistics). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Isi (Content Analisis), sehingga diharapkan mampu memberikan kesimpulan yang benar dan jelas. Adapun Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan (Library research). Hasil penelitian menunjukan bahwa; Pertama, Abu Abdillah Syamsuddin Muhammad ibn Abi Bakr Ibn Ayyub Ibn Haris Ibn Makki Zainuddin az-Zur’i ad-Damasyqi, lahir pada tanggal 7 Shafar 691 H dan meninggal pada 13 Rajab 751 H, dikenal sebagai ulama Salaf pada bidang Tazkiyatu An-Nafs atau pensucian jiwa. Profil kitab al-Dã’u wa al-Dawã’u judul asli “ Al-Jawabu Al-Kafi liman Sa’ala An Ad-Dawaa Asy-Syafi” berisikan fatwa tentang permasalahan Dosa dan Kemaksiatan. Kedua, konsep maksiat terbagi menjadi tiga: a) Maksiat meruapakan racun, jika berkesinambungan akan merusak dunia dan akhirat seseorang. b) Maksiat merupakan perbuatan buruk, keluar dari norma. c) maksiat merupakan kedurhakaan yang membawa kedurhakaan lain sesudahnya. Ketiga, terapi penyakit maksiat yang digunakan berupa Irsyãd (Bimbingan dan Konseling), Tabyîn (Penjelasan), Tanbîh wa Tahdîd (Peringatan dan Ancaman), Amr bi Taqwa wa Nahyu a’n Ma’shiyah (Menyeru pada Ketakwaan dan Mencegah kemaksiatan), al-Birru wa at-Tha’atu (Perbuatan baik dan Ketaatan), Mauizhah tentang al-Qur’an, Iman, Kematian, Neraka dan perkara yang menghapus kebaikan atau pahala, Do’a, Dzikir dan Ta’lîl (Alasan Suatu Hukum).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terapi;Penyakit;Maksiat;
Subjects: Idealism and Related Systems and Doctrines
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: SAKHA MEINDRA PUTRA
Date Deposited: 05 Sep 2018 04:18
Last Modified: 05 Sep 2018 04:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13283

Actions (login required)

View Item View Item