Pemahaman Ayat-ayat Membaca dan Menghafal Alquran dan Implementasinya: Studi terhadap Pemahaman Ayat-ayat Membaca dan Menghafal Alquran dan Implementasinya pada Anggota UPTQ UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dzikri, Ahmad (2018) Pemahaman Ayat-ayat Membaca dan Menghafal Alquran dan Implementasinya: Studi terhadap Pemahaman Ayat-ayat Membaca dan Menghafal Alquran dan Implementasinya pada Anggota UPTQ UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini di latar belakangi oleh kondisi sebagian mahasiswa di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang masih kesulitan dalam memahami Alquran, bahkan dalam yang hal mendasar tentang pemahaman membaca Alquran. Tetapi di tengah kekhawatiran itu masih ada Unit Pengembangan Tilawatil Quran (UPTQ) salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menjawab persoalan tersebut. UPTQ diharapkan dapat menjadi salah satu tempat bagi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk belajar memahami dalam membaca maupun menghafal Alquran dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman serta implementasinya ayat-ayat tentang membaca dan menghafal Alquran pada anggota UPTQ UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Di samping itu, secara akademis penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi yang berguna untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan yang mungkin akan diteliti dalam penelitian selanjutnya. Metode yang digunakan dalam memecahkan rumusan masalah ini tersebut adalah kualitatif deskriptif, dengan cara observasi dan wawancara. Dalam penelitian skripsi ini juga digunakan pendekatan fenomenologis suatu pendekatan yang dianggap relevan, sebab objek kajian yang sedang di teliti berkaitan erat dengan realitas sosial. Pendekatan ini membiarkan objek membicarakan dirinya sendiri dengan ada adanya, tanpa adanya intervensi dari peneliti. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat pemahaman para anggota UPTQ tentang ayat-ayat membaca dan menghafal Alquran dikategorikan dalam tingkatan pemahaman menerjemahkan (translation) hal ini terlihat dari setiap pertanyaan yang telah diajukan kepada mereka dapat di pahami dengan baik oleh mereka serta rata-rata sudah mampu menghasilkan sebuah konsepsi atau model untuk mereka sendiri yang memberikan kemudahan mereka dalam belajar membaca dan menghafal Alquran. Sedangkan dari cara mengimplementasikan pemahamannya para anggota membuktikan langsung bahwa Alquran itu benar-benar mudah untuk dipelajari dengan selalu membacanya dan berusaha menghafalnya, belajarnya dengan niat yang ikhlas hanya karena Allah Swt, mempelajarinya dengan ber-talaqqi langsung kepada seorang guru agar tidak ada bacaan yang salah, berusaha selalu murojaahnya setiap hari, dan membacanya dengan tartil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman;Implementasi;Membaca; Menghafal;Alquran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Dzikri Syarif
Date Deposited: 14 Sep 2018 09:54
Last Modified: 14 Sep 2018 09:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13196

Actions (login required)

View Item View Item