Penerapan media Big Book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab kelas IV: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Naelushibyan

Nurohmah, Siti (2018) Penerapan media Big Book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab kelas IV: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Naelushibyan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2018.

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2018.

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2018.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2018.

Download (207kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berawal dari realita dilapangan bahwa hasil belajar Bahasa Arab di MI Naelushibyan Kabupaten Bandung masih di bawah KKM, dengan nilai KKM yaitu 65. Hal ini disebabkan oleh banyak siswa yang belum bisa membaca tulisan arab, pembelajaran yang berlangsung kurang menarik, kurangnya respon siswa terhadap penjelasan guru, salah satu penyebabnya adalah cara penyampaian guru yang monoton dan tidak menggunakan alat bantu (media). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab sebelum penerapan media pembelajaran Big Book di kelas IV MI Naelushibyan Jalan Sindangreret Kabupaten Bandung. (2) proses proses penerapan media pembelajaran Big Book pada mata pembelajaran Bahasa Arab di kelas IV MI Naelushibyan Jalan Sindangreret Kabupaten Bandung. (3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab setelah menggunakan media pembelajaran Big Book di kelas IV MI Naelushibyan Jalan Sindangreret Kabupaten Bandung. Media sangat penting digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Salah satunya media Big Book. Media Big Book dapat memberikan kesampatan kepada siswa untuk terlibat dalam kegiatan membaca, dengan tulisan dan gambar yang besar. Media Big Book memungkinkan semua siswa melihat tulisan yang sama ketika guru membaca tulisan pada Big Book. Sehingga hipotesis dari penelitian ini adalah penerapan media Big Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melalui empat tahap secara berulang yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian sebanyak 15 siswa kelas IV MI Naelushibyan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa, dan tes tulis yang dilakukan disetiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) hasil belajar siswa pada pra siklus mendapat nilai rata-rata 53 dengan kategori kurang. (2) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 72,2% dan siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 94,4%, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,21% dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 91,07%. (3) hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 77 dengan kategori cukup, dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,6 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Big Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Kata Kunci: Media Big Book, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Big Book;Hasil Belajar;Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Education
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nurohmah
Date Deposited: 14 Sep 2018 07:24
Last Modified: 14 Sep 2018 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13176

Actions (login required)

View Item View Item