Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality pada Konsep Kiralitas Molekul

Jannah, Meta Latifah Rhadiatul (2018) Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality pada Konsep Kiralitas Molekul. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesukaran mahasiswa dalam merepresentasikan konsep submikroskopik pada materi kiralitas molekul. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang dapat menjalin komunikasi dua arah dalam memvisualisasikan kiralitas molekul agar mudah dipahami oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan tampilan media pembelajaran interaktif berbasis AR pada konsep kiralitas molekul, 2) menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis AR pada konsep kiralitas molekul. Metode yang digunakan adalah design based research (DBR) dengan model ADDIE yang dimodifikasi. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi analisis konsep kiralitas molekul, desain, dan pembuatan media. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) media berbasis AR pada konsep kiralitas molekul memiliki karakteristik pewarnaan yang kontras, interaktif, dan visualisasi objek 3D sehingga dapat mengembangkan respon mahasiswa secara aktif dan representasi submikroskopik mahasiswa, 2) berdasarkan uji validasi pada aspek komunikasi visual, rekayasa perangkat lunak, kelayakan kebahasaan, pembelajaran kognitif, substansi konsep kiralitas molekul, dan kelayakan penggunaannya sesuai tujuan pembuatan produk didapatkan rhitung rata-rata sebesar 0,8807 atau layak, sedangkan nilai rata-rata persentase kelayakan uji coba terbatas didapatkan sebesar 90,12%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penyajian media pembelajaran interaktif berbasis AR pada konsep kiralitas molekul yang dibuat layak digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented reality; kiralitas molekul; submikroskopik
Subjects: Education, Research
Organic Chemistry
Organic Chemistry > Other Organic Substances
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Meta Latifah Rhadiatul Jannah
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:49
Last Modified: 29 Aug 2018 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item View Item