Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi

Wardhany, Alisia Wilda (2018) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada abad 21. Namun, kegiatan pembelajaran di sekolah pada umumnya belum melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik, sehingga keterampilan berpikir kreatif peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model CPS dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment design, dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 22 Garut, sampel dipilih dengan teknik random sampling yaitu kelas X MIA 2 dengan jumlah 27 peserta didik. Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik diperoleh dari nilai N-gain pretest dan posttest peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru berdasarkan lembar observasi diperoleh persentase rata-rata 95% termasuk kategori sangat baik dan rata-rata peserta didik dengan persentase 94% termasuk kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan Index-Ngain diperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,85 termasuk pada kategori tinggi. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t diperoleh Thitung (58,33) > Ttabel (2,056) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Model CPS dengan demikian dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Creative; Problem Solving; Berpikir kreatif: Usaha dan energi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Wilda Alisia Wardani
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:35
Last Modified: 27 Aug 2018 04:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13048

Actions (login required)

View Item View Item