Manajemen humas untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan: penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung

Qolbiyah, Siti Nur Latifatul (2018) Manajemen humas untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan: penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ketidaksinambungan antara Penanggungjawab hubungan masyarakat dengan lulusan pendidikan yang ditempuhnya. Sejauh ini MAN 2 Kota Bandung sudah menjalin komunikasi dan memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat, namun ada beberapa kendala yang menghambat diantaranya, Kurangnya SDM Humas dan Kurangnya respon dari orang tua siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen Humas Untuk Meningkatkan Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan di MAN 2 Kota Bandung, mulai dari Perencanaan program kerja, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Evaluasi, dan Hasil yang dicapai dari Humas MAN 2 Kota Bandung. Titik fokus dari tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Hubungan Masyarakat MAN 2 Kota Bandung. Penelitian ini berangkat dari pemikiran mengenai Peran Serta Masyarakat yang terdapat pada UU RI No. 20 Tahun 2003 Pasal 54 menjelaskan, bahwa peran serta masyarakat dalam pendidikan meliputi peran serta perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha, dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pelayanan pendidikan. Penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa, masyarakat sangat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri, maka dari itu kerjasama yang baik antara sekolah dan masyarakat akan melahirkan hubungan yang baik pula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan unitisasi, kategorisasi data, dan penafsiran data. Adapun uji kredibilitas yang digunakan adalah perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negative, menggunakan bahan referensi dan mengadakan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, manajemen humas MAN 2 Kota Bandung telah berjalan dengan baik, dengan proses (1) perencanaan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah yaitu dengan merancang program humas dengan dibantu oleh Wakil Kepala bidang Humas agar tindakan yang diambil sesuai dengan aturan yang ditetapkan, (2) pengorganisasian dilakukan dengan melibatkan Kepala Madrasah, Wakil Kepala bidang Humas, pendidik dan tenaga kependidikan, (3) pelaksanaan humas dilakukan dengan melaksanakan program internal dan program eksternal humas, (4) evaluasi humas dilakukan dengan rapat mingguan, bulanan, dan tahunan (5) Hasil humas sebagian besar sudah berjalan dengan baik dari apa yang direncanakan, karena dari program tersebut sebagian kecil masih ada beberapa program yang belum terlaksana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Hubungan Masyarakat; Peran Serta Masyarakat
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S. Pd Siti Nur Latifatul Qolbiyah
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:28
Last Modified: 30 Aug 2018 03:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item View Item