Model pembelajaran sumber arus listrik searah untuk meningkatkan keterampilan berpikir rasional dan keterampilan proses sains siswa

Farida, Ida (2002) Model pembelajaran sumber arus listrik searah untuk meningkatkan keterampilan berpikir rasional dan keterampilan proses sains siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

[img]
Preview
Text (Full Text)
teshis.pdf

Download (994kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik-tolak pada perlunya memperkenalkan pengetahuan kimia kepada siswa SLTP untuk memahami prinsip kerja batu baterai, sel aki dan sel Volta. Pada sumber arus listrik searah ini terjadi perubahan energi kimia menjadi energi listrik. Untuk itu dirancang suatu model pembelajaran untuk memahami timbulnya beda potensial, bila dua logam berlainan jenis dicelupkan ke dalam larutan elektrolit berupa buah-buahan/umbi. Melalui model ini diharapkan terjadi peningkatan pemahaman konsep, keterampilan berpikir rasional (KBR) dan keterampilan proses sains (KPS) siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kelas, model diimplementasikan terhadap 39 orang siswa SLTP kelas III oleh guru fisika kelas tersebut. Dari analisis data hasil belajar terhadap t0,95(38) = 2,024, ter-nyata model dapat: (1) meningkatkan pemahaman konsep (thitung=15,523); (2) me-ningkatkan KBR pada aspek mengamati (t=11,381),mengklasifikasi (t=2,913) dan menggeneralisasi (t=3,764); (3) meningkatkan KPS pada aspek mengklasifikasi (t=2,913), menafsirkan (t=4,873), dan memprediksi (t=6,851). Hasil angket dan wawancara menunjukkan siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap model. Dari observasi diketahui bahwa implementasi kurang optimal, karena guru kurang menguasai pengetahuan kimia dan teknik bertanya. Selain itu ditemukan adanya kekeliruan penggunaan istilah katode dan anode oleh guru fisika dan pada buku-buku teks fisika SLTP. Berdasarkan hal itu disarankan: (1) pengetahuan kimia perlu diperkenalkan kepada siswa untuk memahami konsep-konsep fisika atau biologi di SLTP yang relevan (2) para guru fisika dan penulis buku teks fisika SLTP perlu memahami kembali perbedaan prinsip kerja sel elektrokimia dengan sel elektrolisis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dr Ida Farida
Date Deposited: 27 Aug 2018 08:21
Last Modified: 10 Jan 2019 04:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13016

Actions (login required)

View Item View Item