Pengaruh Penggunaan Teknik Pencatatan Mind Map terhadap Retensi Siswa pada Materi Ekosistem

Sa'adah, Sumiyati and Hartati, Sri and Anisah, Neneng Hani (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Pencatatan Mind Map terhadap Retensi Siswa pada Materi Ekosistem. In: PROSIDING SEMABIO Seminar Nasional Biologi 2016 "EKSPLORASI DAN PEMANFAATAN BIODIVERSITAS UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN". Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, pp. 374-380. ISBN 978-602-60030-0-3

[img]
Preview
Text
Teknik pencatatan mind map.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

Daya ingat (retensi) yang baik merupakan kebutuhan setiap siswa untuk belajar optimal. Hal ini karena hasil belajar siswa diukur berdasarkan penguasaan siswa atas materi pelajaran, yang prosesnya tidak terlepas dari kegiatan mengingat. Berdasarkan studi pendahuluan menunjukkan bahwa retensi yang dimiliki oleh siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil ulangan harian siswa yang berada di bawah nilai KKM.Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan teknik pencatatan mind map. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknik pencatatan mind map terhadap retensi siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi- experimental, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VII yang berjumlah 60 orang dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara non probability sampling, yakni dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan tes, angket dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh siswa pada kelompok eksperimen memiliki retensi pada kategori sangat baik yaitusebanyak 30 siswa (100 %). Sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak 20 siswa (66,67%) berada pada kategori sangat baik, 5 siswa (16,67%) pada kategori baik, 2 siswa (6,66%) kategori cukup dan 3 siswa (10%) pada kategori kurang. Uji hipotesis dengan menggunakan Uji Man-Whitney menunjukkan nilai Zhitung 4,43 > Ztabel 1,65 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa teknik pencatatan mind map berpengaruh positif terhadap hasil retensi siswa pada materi pembelajaran ekosistem. Adapun aktivitas guru pada pertemuan pertama dan kedua yaitu 94% sangat baik. Sementara untuk aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua masing-masing memiliki rata-rata sebesar 75% baik dan 86% sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan teknik pencatatan mind map memiliki rata- rata 4,68 berada pada kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Teknik Mind Map, Retensi, Ekosistem

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Mind Map, Retention, Ecosystem
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr Sumiyati Sa'adah
Date Deposited: 03 Sep 2018 07:08
Last Modified: 03 Sep 2018 07:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13015

Actions (login required)

View Item View Item