Pengaruh Return On Asset, Earning Per Share, dan Debt to Equity Ratio terhadap underpricing harga saham perusahaan yang melakukan IPO (Initial Public Offering) di bursa efek Indonesia pada tahun 2016

Nurrohmah, Syamsiyah (2018) Pengaruh Return On Asset, Earning Per Share, dan Debt to Equity Ratio terhadap underpricing harga saham perusahaan yang melakukan IPO (Initial Public Offering) di bursa efek Indonesia pada tahun 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya masalah yang terjadi dalam pelaksanaan IPO/Go Public di pasar modal yaitu fenomena underpricing. Underpricing terjadi apabila harga penawaran saham di pasar perdana lebih kecil dibandingkan dengan harga penawaran saham di pasar sekunder pada hari pertama. Perbedaan harga ini dikarenakan adanya perbedaan kepentingan antara emiten dengan underwriter dipasar perdana dan adanya permintaan serta penawaran pasar di pasar sekunder. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yaitu mengenai manajemen yang dikutip dari Drs. H. Malayu S.P Hasibuan dalam bukunya Manajemen (dasar, pengertian, dan masalah), Return On Asset (X1), Earning Per Share (X2) dan Debt to Equity Ratio (X3) yang di kutip dari Dr. Kasmir dalam bukunya Analisis Laporan Keuangan, Irham Fahmi dalam bukunya Analisis laporan keuangan, dan Fachmi Basyaib dalam bukunya Keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh Return On Asset (ROA) terhadap underpricing, (2) pengaruh Earning per Share (EPS) terhadap underpricing, (3) pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap underpricing, (4) pengaruh Return On Asset (ROA), Earning per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER)secara simultan terhadap underpricing. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ada 14 perusahaan yang melakukan IPO di BEI pada tahun 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengolahan data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F dan koefisien determinasi dengan alat bantu statistik SPSS Versi 25. Hasil analisis data dalam penelitian ini bahwa secara parsial Return On Asset (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing (Y). Earning Per Share (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing (Y). Sedangkan Debt to Equity Ratio (X3) berpengaruh signifikan terhadap underpricing (Y). Hasil analisis data secara simultan Return On Asset (X1), Earning Per Share (X2) dan Debt to Equity Ratio (X3) berpengaruh signifikan terhadap Underpricing (Y). Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,969. Artinya 96,9% variabel dependen underpricing dijelaskan oleh variabel ROA, EPS, DER, dan sisanya 3,1% (100% - 96,9%) dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset; Earning Per Share; Debt to Equity Ratio; dan Underpricing
Subjects: Financial Economics, Finance > Capital
Financial Economics, Finance > Money
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Syamsiyah Nurrohmah Syamsiyah Nurrohmah
Date Deposited: 23 Aug 2018 06:28
Last Modified: 23 Aug 2018 06:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item View Item