Peran media relations dalam mempublikasikan program kedinasan melalui pendekatan informal: studi kasus pada pemerintah daerah Purwakarta Provinsi Jawa Barat

Vidiarti, Putri (2018) Peran media relations dalam mempublikasikan program kedinasan melalui pendekatan informal: studi kasus pada pemerintah daerah Purwakarta Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
(2) ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
(8) DAFTAR IS1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Media Relations merupakan salah satu kegiatan seorang Humas dalam menciptakan dan menjaga hubungan baik dengan media. Kegiatan ini sangat diperlukan untuk mempermudah dalam mempublikasikan informasi kepada masyarakat luas. Upaya untuk membangun media relations pun tidak hanya dilakukan secara formal tetapi bisa dilakukan secara informal sebagaimana yang dilakukan Pemda Purwakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pemda Purwakarta melakukan kegiatan media relations dalam mempublikasikan program kedinasan melalui pendekatan informal, yang dilihat dari proses media relations. Pemilihan konsep yang digunakan dalam penelitian ini, disesuaikan dengan tujuan penelitian, yang akhirnya dipilihlah konsep proses media relations yang terdiri dari perencanaan, implementasi dan evaluasi (Iriantara:2011). Dipilihnya konsep ini karena dapat mengkontruksi realitas sesuai dengan interpretasi kegiatan media relations yang dilakukan Pemda Purwakarta. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivime dengan tujuan agar dapat menginterpretasikan bagaimana proses media relations terbentuk. Pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan proses media relations dan metode studi kasus dengan tujuan untuk memahami secara fokus dan mendalam proses media relations Pemda Purwakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi parsipatori pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan media relations yang dilakukan melalui delapan kegiatan yaitu, memetakan program dinas, membentuk hubungan personal, mengelola relasi, memberikan pelayanan kepada media, memberikan fasilitas kepada media, melakukan proses koordinasi berita, mengadakan pelatihan jurnalistik, dan melakukan kegiatan media relations seperti personal contact atau press calls, press release, press conference, press interview, press gathering, media fasilitator, media visit, dan media entertainmen. Implementasi dilakukan menggunakan komunikasi persuasif, koordinasi dengan pihak terkait, pengelolaan konten dan mengacu pada peraturan yang telah disepakati. Evaluasi sebagai tahap akhir proses media relations dilakukan berdasarkan empat kegiatan yaitu briefing internal, meminta klarifikasi terhadap kesalahan yang dilakukan media, bekerjasama membuat tim media monitoring, dan mengupdate database media. Proses media relations guna menunjang keberhasilan dalam pencapaian publikasi melalui pendekatan informal ini dirasa efektif karena hasil dari proses media relations sesuai dengan apa yang diharapkan Pemda Purwakarta, namun kurang efisien karena memerlukan waktu yang tidak bisa ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Public Relations; Media Relations; Publikasi; Pendekatan informal
Subjects: General Management
General Management > General Publications of Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Putri Vidiarti Putri
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:55
Last Modified: 20 Aug 2018 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12917

Actions (login required)

View Item View Item