Pemberdayaan ekonomi melalui Program Kredit Kelompok Mingguan (PKKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: studi deskriptif di Bank BPR Parasahabat Bekasi

Rabbani, Gian (2018) Pemberdayaan ekonomi melalui Program Kredit Kelompok Mingguan (PKKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: studi deskriptif di Bank BPR Parasahabat Bekasi. Diploma thesis, UIN Suanan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar-isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB-I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB-II-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan ekonomi menjadi tema yang sentral bagi setiap negara, karena dengan meningkatnya ekonomi sebuah negara dirasa akan mampu mengatasi permasalahan – permasalahan yang di emban oleh negara tersebut. Dalam penanggulangan masalah keterpurukan ekonomi tentu memerlukan keterlibatan pemerintahan maupun swasta, salah satunya Program Kredit Kelompok Mingguan (PKKM), yang menjadi salah satu produk PT BPR Parasahabat dalam mengatasi pemasalahan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan gambaran umum mengenai produk pemberdayaan ekonomi yang di lakukan oleh PT BPR Parasahabat salah satunya Program Kredit Kelompok Mingguan (PKKM) yang di dalamnya mencakup perencanaan, pelaksanaan dan hasil dari program tersebut. Penelitian ini mengacu kepada teori pemberdayaan yang di kemukakan oleh Rubin bahawa dalam pemberdayaan setiap proses harus memberikan hasil, pemberdayaan dalam pelaksanaan dan perencanaanya selalu melibatkan masyarakat, dalam kegiatan pemberdayaan kegiatan pelatihan dan pembangunan fisik harus berjalan beriringan, pemberdayaan harus dapat memaksimalkan sumber daya dan terakhir pemberdaya harus bisa memfungsikan diri sebagai penggerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana suatu prosedur menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang dapat diamati secara empiris dalam meneliti pemberdayaan ekonomi melalui Program Kredit Kelompok Mingguan (PKKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil PKKM yang dilaksanakan oleh PT BPR Parasahabat sudah dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dimana dalam perencanaan dan pelaksanaan PKKM sesuai dengan konsep – konsep pemberdayaan masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Kesejahteraan Masyarakat; Bank BPR
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Gian Rabbani 1144040028
Date Deposited: 20 Aug 2018 08:01
Last Modified: 20 Aug 2018 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12911

Actions (login required)

View Item View Item