Pengaruh jumlah pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap pendapatan bagi hasil PT Bank Panin Dubai Syari'ah periode 2014-2016

Fida, Fifi Andriyani (2018) Pengaruh jumlah pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap pendapatan bagi hasil PT Bank Panin Dubai Syari'ah periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan bagi hasil perbankan syari’ah diperoleh dari penghimpunan dana berupa tabungan dan deposito, kemudian jika dana sudah terkumpul maka disalurkan kepada produk pembiayaan, sehingga menghasilkan keuntungan. Semakin besar bank mengeluarkan pembiayaan, maka akan semakin besar pula pendapatan yang akan diperoleh bank. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengukur pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap pendapatan bagi hasil secara parsial, (2) pembiayaan musyarakah terhadap pendapatan bagi hasil secara parsial, dan (3) pengaruh pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap pendapatan bagi hasil secara simultan pada PT. Bank Panin Dubai Syari’ah periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, verifikatif dengan jenis data penelitian kuantitatif. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 dan Microsoft Excel 2010 sebagai alat bantu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara dokumentasi, yaitu mengumpulkan laporan keuangan PT. Bank Panin Dubai Syari’ah pada periode tertentu berupa pembiayaan mudharabah dan musyarakah serta pendapatan bagi hasil pada website PT. Bank Panin Dubai Syari’ah. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi, koefisien determinasi, dan uji signifikansi melalui uji t dan uji F. Hasil penelitian secara parsial dan simultan ke tiga variabel yaitu: (1) Pembiayaan mudharabah (X1) terhadap pendapatan bagi hasil (Y) secara parsial, bahwa thitung < ttabel = 0,651 < 2,228 maka dapat disimpulkan Ho1 diterima dan Ha1 ditolak, artinya pembiayaan mudharabah tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan bagi hasil, nilai koefisien determinasi dengan persentase 4,1%. (2) Sedangkan pembiayaan musyarakah (X2) terhadap pendapatan bagi hasil (Y) secara parsial, bahwa thitung < ttabel = 2,060 < 2,2281 dapat disimpulkan Ho2 diterima dan Ha2 ditolak, artinya pembiayaan musyarakah tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan bagi hasil, nilai koefisien determinasi dengan persentase 29,8%. (3) Kemudian pembiayaan mudharabah (X1) dan musyarakah (X2) terhadap pendapatan bagi hasil (Y) secara simultan, bahwa Fhitung ≤ Ftabel = 1,983 ≤ 4,26 yang berarti tolak Ha terima Ho artinya pembiayaan mudharabah dan musyarakah berpengaruh tidak signifikan terhadap pendapatan bagi hasil, nilai koefisien determinasi dengan persentase 30,6%. Kata kunci: Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah, Pendapatan Bagi Hasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan;Mudharabah;Pembiayaan;Musyarakah;Pendapatan;BagiHasil
Subjects: Engineering
Philosophy and Theory of Literatures > Value, Influence, Effect of Literatures
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Fida Fifi Andriyani
Date Deposited: 06 Sep 2018 02:51
Last Modified: 06 Sep 2018 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12868

Actions (login required)

View Item View Item