Model pendidikan akhlak di SD Alam Pelopor Kabupaten Bandung

Firdaus, Mohamad Risan (2011) Model pendidikan akhlak di SD Alam Pelopor Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Ada salah satu tesis yang mengatakan bahwa krisis multidimensional yang melanda negara Indonesia dewasa ini berpangkat daripada terjadinya degradasi moral pada masyaraka kita. Realitas semacam ini menjadikan tanda tanya besar akan peran institusi pendidikan. Dalam hal ini, sekolah sebagai wadah pewarisan dan penanaman nilai-nilai budaya dan budi pekerti luhur atau akhlak manusia Indonesia sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-undang. Dalam konteks mewujudkan pendidikan sebagai basis pembentukan kepribadian bangsa dan alat transformasi sosial masyarakat, peran sekolah sebagai kawah candradimuka amatlah vital untuk mampu mengembangkan sistem dan lingkungan yang mendukung agenda tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar alamiah, visi dan konsep pendidikan akhlak yang dikembangkan SD Alam Pelopor Kabupaten Bandung, model implementasinya, faktor penunjang dan penghambat serta hasil yang telah dicapainya. Titik tolak penelitian ini berangkat dari sebuah pemikiran bahwa untuk membentuk kepribadian atau akhlak peserta didik secara “paripurna� yaitu dengan menempatkan pendidikan akhlak pada program integrasi. Dalam pendidikan, akhlak merupakan inti pendidikan dari semua jenis pendidikan yang mengarahkan pada terciptanya prilaku lahir dan batin manusia sehingga menjadi manusia yang seimbang dalam arti terhadap dirinya maupun terhadap luar dirinya. Secara operasional penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan terhadap satu variabel mandiri secara mendalam tanpa membuat perbandingan atau hubungan dengan variabel lain yang dianggap setara. Selain itu, untuk menggali tentang konsep pendidikan akhlak digunakan pula metode kepustakaan (Library research). Selain itu, penulis juga melakukan wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang tersedia, mereduksi data, unitisasi data, kategorisasi data, uji keabsahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pendidikan akhlak di SD Alam Pelopor Kabupaten Bandung disusun secara mandiri oleh pihak Yayasan dengan membuat sebuah program yang dinamakan Dirasah Islamiyah. Model ini dikembangkan melalui sistem dan tradisi yang dibangun secara kolektif dari seluruh elemen sekolah dengan berpijak pada wawasan almamater (Coorporate Culture). Dalam implementasinya, model pendidikan akhlak ini diterapkan secara bertingkat, mulai dari moral knowling, moral loving dan moral doing. Keberhasilan daripada Model Pendidikan Akhlak di SD Alam Pelopor Kabupaten Bandung ditunjukan melalui adanya perubahan Akhlak pada peserta didik mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal tersebut terlihat pada kebiasaan sikap siswa dalam berkeseimbangan bersikap anta Hablumminallah, Hablumminannas dan Hablumminal-alam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Dasar; Pendidikan Akhlak;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2016 03:36
Last Modified: 05 Dec 2018 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item