Manajemen bimbingan dan konseling: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi

Isnaini, Nurma (2018) Manajemen bimbingan dan konseling: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan konseling merupakan suatu layanan bantuan yang diberikan kepada peserta didik agar mampu berkembang secara optimal dan mandiri baik diberikan secara individu ataupun kelompok melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut maka dibutuhkan manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, agar kegiatan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi dapat berjalan secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana latar alamiah, perencanaan bimbingan dan konseling, pengorganisasian bimbingan dan konseling, pelaksanaan bimbingan dan konseling, pengawasan bimbingan dan konseling, faktor penunjang dan penghambat manajemen bimbingan dan konseling, serta hasil manajemen bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi. Penelitian ini di dasarkan pada Permendikbud Nomor 111 tahun 2014 bahwa bimbingan dan konseling merupakan suatu upaya sistematis, objektif, logis dan berkelanjutan serta terprogram yang dilakukan oleh guru BK untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik untuk mencapai kemandirian dalam bimbingan dan konseling yang dilakukan melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan mengenai fenomena yang terjadi pada subjek penelitian dengan metode alamiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa keberhasilan dari manajemen bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi adalah pengelolaan bimbingan dan konseling yang dilakukan secara optimal mulai dari perencanaan yang dibuat berdasarkan need assessment, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Hal tersebut tidak terlepas dari faktor penunjang yang mendukung dalam kegiatan bimbingan dan konseling yaitu kerjasama dan koordinasi yang cukup baik dari seluruh stakeholder madrasah sehingga berdampak pada perubahan sikap dan tingkah laku peserta didik menjadi lebih positif dan juga peningkatan prestasi. Selain adanya faktor penunjang terdapat faktor penghambat yaitu tidak adanya jam khusus untuk BK di dalam kelas, dikarenakan jadwal mata pelajaran yang cukup padat pada kurikulum 2013 dan hanya terdapat 3 guru BK. ABSTRACT Nurma Isnaini: Management Guidance and Counseling (Research in Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi) Guidance and counseling is a help service provided to learners to be able to develop optimally and independently, either given individually or by group through various types of services and supporting activities. So to achieve these objectives then the required management that includes planning, organizing, implementation, and supervision, so that guidance and counseling activities in Madrasah Aliyah Negeri Cimahi City can run effectively and efficiently. The purpose of this study is to find out how natural setting, guidance and counseling planning, guidance and counseling, guidance and counseling, guidance and counseling, supporting and inhibiting factors of guidance and counseling management, and result or impact of management guidance and counseling at Madrasah Aliyah State of Cimahi City. This research is based on Permendikbud Number 111 of 2014 that guidance and counseling is a systematic, objective, logical and continuous and programmed effort by BK teachers to facilitate the development of learners to achieve independence in their life as a whole in the personal, learning, social , and career. Guidance and counseling management is done through planning, organizing, implementing and supervising activities. Guidance and counseling management is done through planning, organizing, actuating and controlling activities. The research method used by the researcher is descriptive qualitative that is describing the phenomenon that happened in research subject with natural method. Data collection techniques used by researchers are observation, interview and documentation study. Based on the results of research shows that the success of guidance and counseling management in Madrasah Aliyah Negeri Cimahi City is the management of guidance and counseling conducted optimally starting from the planning based on need assessment, organizing, actuating, and controlling. This is inseparable from supporting factors that support the counseling and counseling activities, namely the good cooperation and coordination of all madrasah stakeholders so that the changes in attitudes and behavior of students become more positive and also increase in achievement. In addition to the supporting factors, there are inhibiting factors, namely the absence of special hours for BK in the classroom, because the subject schedule is quite solid in the 2013 curriculum and there are only 3 BK teachers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Bimbingan dan Konseling
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurma Isnaini
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:38
Last Modified: 15 Aug 2018 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12787

Actions (login required)

View Item View Item