Akad Ijarah Pada Sistem Pengupahan Outsourcing di PT Masadenta Kecamatan Batununggal Kota Bandung Menurut Hukum Ekonomi Syariah

Monikasari, Mona (2018) Akad Ijarah Pada Sistem Pengupahan Outsourcing di PT Masadenta Kecamatan Batununggal Kota Bandung Menurut Hukum Ekonomi Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstract

Kecenderungan beberapa perusahaan untuk mempekerjakan karyawan dengan sistem outsourcing pada saat ini, umumnya dilatarbelakangi oleh strategi perusahaan untuk memperkecil rentang kendali manajemen, sehingga kegiatan utama dari suatu perusahaan dapat menjadi lebih efektif dan produktif. Selain itu, dengan menggunakan sistem outsourcing, perusahaan dapat melakukan efisiensi biaya produksi. Dalam Islam, konsep outsourcing sama halnya dengan konsep ijarah yang hukumnya adalah boleh atau sah, selama terpenuhinya rukun dan syarat. Akad ijarah yang dilaksanakan antara PT Masadenta dengan tenaga kerja outsourcing dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan apa yang telah disepakati bersama pada saat akad perjanjian kerja dilaksanakan, salah satunya dalam hal pengupahan, besarnya upah yang diterima tenaga kerja outsourcing lebih kecil dari kesepakatan pada waktu akad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pelaksanaan akad ijarah pada sistem pengupahan outsourcing di PT Masadenta; dan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sistem pengupahan outsourcing di PT Masadenta. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada konsep upah dalam Islam yang menyatakan bahwa upah tidak terlepas dari harga yang adil atau tingkat upah yang setara. Selain itu, upah hendaknya jelas dan diketahui oleh kedua belah pihak dan dalam pelaksanaannya upah yang akan diberikan kepada pekerja harus sesuai dengan nilai yang disebutkan dan disepakati oleh kedua belah pihak pada saat akad dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, yaitu mendeskripsikan suatu satuan analisis secara utuh sebagai suatu kesatuan yang terintegrasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengupahan yang dilaksanakan oleh PT Masadenta kepada tenaga kerja outsourcing, mengikuti kesepakatan perusahaan pengguna jasa outsourcing yaitu dalam hal waktu pembayaran dan besarnya upah tenaga kerja outsourcing. Upah yang diberikan PT Masadenta kepada tenaga kerja outsourcing adalah berdasarkan sistem waktu, yaitu dibayarkan setiap bulan baik secara tunai ataupun transfer. Dalam memperoleh keuntungan atas jasanya dalam memberikan pekerjaan kepada tenaga kerja outsourcing, PT Masadenta memperoleh fee manajemen sebesar 10 % dari upah yang disepakati oleh perusahaan pengguna jasa outsourcing. Pandangan ekonomi syariah terhadap akad ijarah pada praktek pengupahan outsourcing yang dilaksanakan oleh PT Masadenta terhadap tenaga kerja outsourcing dapat dikatakatan sebagai akad yang fasid atau rusak, dikarenakan akad ijarah yang dilakukan hanya memenuhi segi rukunnya saja, tetapi dari segi syaratnya belum terpenuhi. Hal ini bisa dilihat dari besaran upah yang diterima tenaga kerja outsourcing di PT Masadenta lebih kecil dari kesepakatan pada waktu akad.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ijarah;Outsourcing;Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Mona Monikasari Az-Zahra
Date Deposited: 12 Sep 2018 02:12
Last Modified: 12 Sep 2018 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12766

Actions (login required)

View Item View Item