Manajemen tenaga pendidik pada Madrasah Tsanawiyah Nurul Ihsan Muara Gembong Kab. Bekasi

Nurhasan, Nurhasan (2012) Manajemen tenaga pendidik pada Madrasah Tsanawiyah Nurul Ihsan Muara Gembong Kab. Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Lembaga pendidikan MTs Nurul Ihsan yang berdiri pada tahun 1995 terletak di Kampung Belukbuk Desa Pantai Bahagia kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi. MTs Nurul Ihsan berupaya mewujudkan tujuan pendidikan melalui berbagai unsur, diantaranya melalui manajerial tenaga pendidik. Dalam proses pendidikan memegang peranan strategis terutama dalam pembentukan watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan. demikian halnya yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Nurul Ihsan Muara Gembong dalam mengupayakan tercapainya tujuan pendidikan berupaya dengan sebaik mungkin dalam membina dan meningkatkan kualitas pendidik sehingga menjadi pendidik yang profesional. Berbagai upaya tersebut diantaranya dengan mengadakan pembinaan, pelatihan, dan kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah, konsep, pelaksanaan manajemen pendidik di MTs Nurul Ihsan, hasil yang dicapai dari latar belakang kondisi objektif, konsep dan pelaksanaannya. Selain itu untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat pelaksanaan manajemen pendidik di MTs Nurul Ihsan. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa manajemen pendidik yang baik dapat mempengaruhi kualitas pendidikan. Untuk melihat sebuah manajemen pendidik tersebut dapat dilihat dari latar belakang kondisi objektif, konsep dan pelaksanaan manajemen, faktor penunjang dan penghambat serta hasil yang dicapai dari pelaksanaan manajemen pendidiknya dengan menggunakan pendekatan antropologis serta analisis wujud kebudayaan melalui teori manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekataan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan teknik dokumentasi atau menyalin. Analisis data yang dilakukan dengan penafsiran deskripsi semata-mata. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa keberhasilan penyelenggaraan pendidik MTs Nurul Ihsan didukung oleh adanya pengelolaan pendidik yang cukup baik: yaitu adanya perencanaan yang cukup matang, pengorganisasian yang baik, pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan apa yang telah diprogramkan dan pengawasan yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fungsi-fungsi manajemen di MTs Nurul Ihsan dapat dijalankan dengan cukup baik. Keberhasilan ini tidak lepas dari faktor penunjang dan penghambat. faktor penunjangnya meliputi tenaga pendidik yang memiliki 4 kompetensi ideal yang memadai yaitu (kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional), kedisiplinan belajar siswa-siswi yang cukup tinggi, lingkungan khusus yang diciptakan yang sangat mendukung, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih adanya pendidik yang belum memiliki kualifikasi akademik yaitu belum berlatar belakang keguruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tenaga pendidik; Manajemen;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2016 08:51
Last Modified: 11 Mar 2019 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item