Model pendidikan akhlak di SMP Darul Fatwa Jatiroke Sumedang

Nugraha, Cecep (2012) Model pendidikan akhlak di SMP Darul Fatwa Jatiroke Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)

Abstract

SMP Darul Fatwa Jatiroke Sumedang merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mempunyai ciri khas dalam penerapan pendidikan agama Islam. SMP Darul Fatwa ini adalah sekolah yang berada di bawah yayasan Darul Fatwa, sehingga berlangsungnya pendidikan di sekolah tersebut sangat didukung oleh Pimpinan Yayasan Darul Fatwa dan masyarakat Jatiroke, serta didasarkan pada visi misi sekolah di SMP Darul Fatwa Jatiroke Sumedang, pada visi poin ke enam yaitu. Berprestasi dalam prilaku disiplim berdasarkan perbutan yang mulia. Dan pada misi poin ke satu ialah, membudayakan taat beribadah, berprilaku sopan dan berakhlak mulia. Dan pada misi poin yang ke enam, mewujudkan kesadaran prilaku disiplin warga sekolah dan berakhlak mulia. maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian di lembaga tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah didirikannya SMP Darul Fatwa, konsep dan pelaksanaan Pendidikan akhlak seperti yang terdiri dari penerapan, faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat serta hasil yang dicapai dari pelaksanaan pendidikan akhlak yang diterapkannya. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa Tujuan dari model pendidikan akhlak adalah sejalan dengan misi Islam itu sendiri yaitu mempertinggikan akhlak menuju akhlak yang mulia sesuai dengan al-quran dan sunah. Dan di SMP Darul Fatwa juga memiliki visi misi yang sama yang berkaitan dalam mendidik akhlak siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan antropologi melalui wujud kebudayaan di samping melalui pendekatan sistem. Observasi, wawancara, dan studi dokumentasi/ menyalin merupakan teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan cara unitisasi data, kategorisasi data, dan penafsiran kemudian dilanjutkan dengan uji absah data yang dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, analisis kasus negatif, kecukupan referansial, pengecekan anggota, uraian rinci, audit kebergantungan dan audit kepastian. Dari data yang ditemukan di SMP Darul Fatwa dapat ditarik simpulan bahwa berdirinya SMP Darul Fatwa mempunyai latar alamiah untuk membantu masyarakat dalam membentuk dan meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Adapun hasil dari pendidikan akhlak di SMP Darul Fatwa sedikitnya siswa mempunyai akhlak yang baik, bisa membaca Qur’an dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari serta perubahan nilai dari segi kognitif, afektif dan psikomotor yang sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak; Kependidikan Islam;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2016 08:42
Last Modified: 19 Feb 2019 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item