Pengembangan alat peraga tumpuls untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls

Ningsih, Resa Farida (2018) Pengembangan alat peraga tumpuls untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran sebagai alat komunikasi antara guru dan peserta didik menjadi bagian penting dari proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa alat peraga pada materi momentum impuls yang efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan yaitu ADDIE dari Robert Maribe Branch dengan tahapan Analysis, Design, Develovment, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari empat kelas X MIPA MAN 1 Cianjur dengan total keseluruhan peserta didik sebanyak 138 orang. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dalam bentuk uraian dan instrumen non tes diantaranya lembar angket pendahuluan, validasi ahli, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Alat peraga Tumpuls dinyatakan layak oleh empat ahli yaitu dua ahli media dan dua ahli materi. Hasil validasi menunjukkan alat peraga Tumpuls layak dengan persentase 85% dari ahli materi dan 85% dari ahli media. Angket respon peserta didik menunjukkan kelayakan alat peraga Tumpuls sebesar 86% dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari nilai N-gain sebesar 0.63 dengan interpretasi sedang. Alat peraga Tumpuls untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dinyatakan layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan; media pembelajaran; alat Tumpuls; kemampuan tingkat tinggi; momentum impuls; layak
Subjects: Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Resa Farida Ningsih
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:59
Last Modified: 13 Aug 2018 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12580

Actions (login required)

View Item View Item