Strategi Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah dalam Mendapatkan Kepercayaan Muzakki: Penelitian di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah Jl. Raya Cibiuk No.1 Desa Cibiuk Kaler Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut

Cantika, Rita (2018) Strategi Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah dalam Mendapatkan Kepercayaan Muzakki: Penelitian di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah Jl. Raya Cibiuk No.1 Desa Cibiuk Kaler Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Islam memiliki segudang agenda masalah sosial ekonomi yang harus dituntaskan demi terwujudnya masyarakat madani yang sesuai dengan tatanan kehidupan sosial yang adil, damai dan harmonis. Dalam hal ini zakat merupakan poin terpenting yang tidak terlepas dari solusi sebagai tonggak terwujudnya ekonomi masyarakat yang seimbang dimana kesenjangan perlu didekatkan. Demikian LAZISMU Cibiuk sebagai suatu institusi penghimpun zakat di tingkat kecamatan dengan strategi yang digunakannya diharapkan dapat menyelesaikan masalah dengan menjadikan zakat sebagai bagian dari penuntas masalah (problem solver) atas kondisi masyarakat yang terus berkembang serta dapat menumbuhkan kepercayaan pada masyarakat akan pentingnya berzakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rencana-rencana, kebijakan dan strategi yang digunakan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Cabang Cibiuk dalam upaya mendapatkan kepercayaan muzakki. Strategi adalah sebuah rencana yang disatukan , luas dan terintegrasi, yang menghubungkan keunggulan strategik organisasi dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama organisasi dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data dihimpun melalui teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, analisis data dan penyimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Cabang Cibiuk dalam mendapatkan kepercayaan muzakki atau donatur secara garis besar (1) Perencanaan ZIS yang direncanakan bisa berhasil dengan baik dari pengumpulan, pengelolaan dan pendistribusian yang telah direncanakan melalui program LAZISMU, (2) Penetapan kebijakan yaitu pembentukan kordinator penghimpun zakat di setiap Ranting, penerbitan surat keputusan 40% hak cabang dan 60% hak ranting, serta mewajibkan setiap anggota organisasi membayar zakat ke LAZISMU dapat terealisasi, (3) Strategi di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah adalah realized strategic (strategi yang direalisasikan). menjalankan 8 strategi yang direalisasikan dari 13 strategi yang dikehendaki melalui programnya. Selain itu, faktor pendukungnya adalah Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Cabang Cibiuk memiliki jejaring yang jelas, mempunyai payung hukum yang jelas, dan memiliki segmentasi donatur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; LAZISMU; Kepercayaan; Muzakki
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rita Cantika
Date Deposited: 10 Aug 2018 09:15
Last Modified: 10 Aug 2018 09:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item View Item