Penerapan pembelajaran PLGI (Peer Led Guided Inquiry) untuk mengembangkan literasi kimia pada konsep larutan penyangga

Syafaresti, Anggun (2018) Penerapan pembelajaran PLGI (Peer Led Guided Inquiry) untuk mengembangkan literasi kimia pada konsep larutan penyangga. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran PLGI untuk mengembangkan literasi kimia pada konsep larutan penyangga. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan desain penelitian one-shot case study kepada 35 siswa kelas XI IPA 4. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa selama pembelajaran, penyelesaian siswa pada Lembar Kerja Siswa (LKS) pada setiap tahapan pembelajaran PLGI, serta kemampuan literasi kimia siswa setelah pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada aktivitas siswa selama pembelajaran PLGI yaitu rata-rata 97%, dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil yang didapat pada penyelesaian LKS pada setiap tahapan pembelajaran PLGI yaitu rata-rata 94 dan dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata tertinggi 100 pada tahap merumuskan hipotesis, dan nilai terendah 80 pada tahap membuat kesimpulan. Nilai rata-rata kemampuan literasi kimia 73 dikategorikan baik. Hasil ini diperoleh karena pembelajaran PLGI membuat siswa aktif menggali informasi dari tutor sebaya, sehingga dapat mengembangkan literasi kimia. Dengan demikian pembelajaran PLGI ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan literasi kimia pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Kimia; Pembelajaran PLGI; Larutan Penyangga
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Anggun Syafaresti
Date Deposited: 08 Aug 2018 01:46
Last Modified: 08 Aug 2018 01:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12383

Actions (login required)

View Item View Item