Peranan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan ketenangan batin lansia: penelitian deskriptif di Panti Jompo Muhammadiyah Rancabolang Kota Bandung

Nurinayah, Annisa (2018) Peranan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan ketenangan batin lansia: penelitian deskriptif di Panti Jompo Muhammadiyah Rancabolang Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Pada umumnya lansia mempunyai rasa cemas dan takut, salah satunya dalam menghadapi masa depan atau kematian. Kebanyakan lansia merasa kurang diakui eksistensi dirinya, baik di keluarga, masyarakat maupun lingkungan. Sehingga penulis berharap dengan bimbingan keagamaan di Panti Jompo Muhammadiyah ini, lansia dapat meningkatkan pengetahuan agama, mampu mengamalkannya, mampu hidup mandiri dan dapat meningkatkan ketenangan batin mereka sehingga mereka dapat hidup dengan bahagia. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) untuk mengetahui program bimbingan keagamaan, 2) untuk mengetahui proses bimbingan keagamaan dan 3) untuk mengetahui hasil bimbingan keagamaan di Panti Jompo Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data bertumpu pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menyusun seluruh data yang diperlukan. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwa lansia memiliki citra kepribadian mudah tersinggung, cemas, kesepian, tidak tenang batin. Oleh karena itu, kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk membimbing lansia. Untuk menyikapi hal tersebut para lansia harus dibekali ajaran agama untuk menjalani kehidupan di masa tuanya kearah yang sesuai dengan petunjuk Allah SWT untuk menuju khusnul khatimah serta kebahagiaan dunia dan akhirat. Hasil penelitian ini menunjukan : pertama, lansia dapat menambah ilmu terkait dengan agama islam. Kedua, lansia dapat menyatakan semua tentang agama islam yang belum mereka pahami. Ketiga, lansia dapat menambah bekal untuk persiapan di kehidupan yang akan datang. Terakhir, lansia dapat merasakan perubahan dalam dirinya yang positif, dan itu berdampak baik bagi lingkungannya. Selain itu lansia dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, dan lansia menjadi merasa tenang. Terlebih dalam proses layanan bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di Panti Jompo Muhammadiyah ini dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Lansia
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: annisa nur inayah
Date Deposited: 09 Oct 2018 02:46
Last Modified: 09 Oct 2018 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12377

Actions (login required)

View Item View Item