Pengembangan LKPD digital berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi kelas XI

Sulastri, Fitri (2018) Pengembangan LKPD digital berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi kelas XI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran sains pada abad ke-21 menuntut peserta didik untuk cakap dalam hal teknologi. Peserta didik dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan seperti berpikir kreatif, inovatif, kritis, pemecahan masalah. Realitas pendidikan di lapangan, kemampuan berpikir kritis peserta didik masih kurang dan guru belum memanfaatkan bahan ajar berupa LKPD digital untuk melatih kemampuan berpikir peserta didik. Penelitian pengembangan LKPD digital berbasis inkuiri terbimbing ini bertujuan untuk mengetahui 1) langkah mengembangkan LKPD digital, 2) keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan LKPD digital, dan 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Tasikmalaya pada materi gelombang bunyi menggunakan LKPD digital berbasis inkuiri terbimbing. Metode penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian uji coba produk berjumlah 33 orang peserta didik. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) LKPD digital berbasis inkuiri terbimbing dikembangkan dengan langkah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) 2) keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan LKPD digital berbasis inkuiri terbimbing berada dalam kategori sangat baik, dan 3) penggunaan LKPD digital berbasis inkuiri terbimbing pada materi gelombang bunyi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan rata-rata peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD digital; Inkuiri terbimbing; kemampuan berpikir kritis; gelombang bunyi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitri Sulastri
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:50
Last Modified: 08 Aug 2018 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12325

Actions (login required)

View Item View Item