Pengaruh Penerapan Metode Numbered Head Together (Nht) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti : Penelitian Terhadap Siswa Kelas X Sman 1 Patokbeusi Kecamatan Patokbeusi Kabupaten Subang

Nursyifa Gunawan, Rina (2018) Pengaruh Penerapan Metode Numbered Head Together (Nht) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti : Penelitian Terhadap Siswa Kelas X Sman 1 Patokbeusi Kecamatan Patokbeusi Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9-daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena bahwa siswa kelas X SMAN 1 Patokbeusi Subang dipandang termotivasi belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Disatu sisi siswa telah termotivasi belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, dibuktikan dengan hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar dan lingkungan belajar yang kondusif. Namun terbukti masih adanya siswa yang suka bolos pada jam pelajaran guru tersebut,siswa mengobrol, siswa ribut di kelas, siswa tidur di kelas, siswa tidak memperhatikan ketika guru sedang mengajar, siswa merasa jenuh, siswa bermain dengan teman sebangku, siswa tidak mau menjawab pertanyaan guru tersebut, siswa yang acuh tak acuh dan tidak ada keinginan untuk belajar. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih dalam mengenai hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Numbered Hand Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Patokbeusi Subang. Numbered Head Together (NHT) merupakan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk saling membagikan ide-ide dan pertimbangan jawaban yang paling tepat. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran, bahwa metode Numbered Hand Together (NHT) dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Hipotesis yang diajukan semakin baik metode Numbered Hand Together (NHT) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, maka semakin baik motivasi belajar siswa. Sebaliknya semakin tidak baik metode Numbered Hand Together (NHT) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, maka semakin tidak baik motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen desain nonequivalent control group design dengan sampel berjumlah 35 siswa pada kelas ekperimen, dan 36 siswa pada kelas kontrol. Diujikan pada materi nikmatnya mencari ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan kelas X IPA 3 dan X IPS 1 SMAN 1 Patokbeusi Subang sebagai responden. Alat pengumpulan data berupa angket bentuknya daftar cheklist. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penelitian yang dianalisis dengan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) proses pembelajaran menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) termasuk pembelajaran aktif yang dimulai dari pembagian kelompok, masing-masing siswa diberi nomor, guru memberi pertanyaan pada masing-masing kelompok, kelompok berdiskusi, guru memanggil salah satu nomor siswa yang dipanggil mempersentasikan jawaban hasil diskusi. 2) motivasi belajar dengan menggunakan metode Numbered Hand Together (NHT) memiliki kualifikasi sedang, dengan skor pretest sebesar 64,62 posttest sebesar 75,37 dengan N-Gain 0,303. 3) Penerapan metode Numbered Hand Together (NHT) pada pembelajaran dikelas X IPA 3 SMAN 1 Patokbeusi berpengaruh positif dan signifikasi terhadap motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis (uji t) diperoleh thitung 2,27 dengan taraf signifikasi 5% lebih besar ttabel 0,062935 maka hipotesis yang diajukan diterima. Diperoleh derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 30%. Artinya ada peningkatan variabel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 30%, sedangkan 70% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penerapan Metode Numbered Head Together (NHT); terhadap Motivasi Belajar Siswa; pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti;
Subjects: Islam
Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurlaila Nurlaila
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:12
Last Modified: 06 Aug 2018 07:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12302

Actions (login required)

View Item View Item