Perbandingan hasil belajar siswa pada sistem pencernaan antara menggunakan model Cooperative Learning Tipe GI (Group Investigation) dengan STAD (Student Team Achievement Division): Penelitian di Kelas XI MAN Tanggeung- Cianjur

Hasani, Sesep Pahmi (2013) Perbandingan hasil belajar siswa pada sistem pencernaan antara menggunakan model Cooperative Learning Tipe GI (Group Investigation) dengan STAD (Student Team Achievement Division): Penelitian di Kelas XI MAN Tanggeung- Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran biologi yang dilakukan di sebagian besar sekolah masih bersifat konvensional sehingga hasil belajarnya pun kurang optimal. Salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran. Salah satu model yang dapat dijadikan alternatif adalah cooperative learning tipe GI dan STAD yang menuntut siswa untuk aktif dan bekerja sama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model cooperative learning tipe GI dan STAD pada materi sistem pencernaan manusia. Hipotesis penelitiannya adalah hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan yang menggunakan model cooperative learning tipe GI lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model cooperative learning tipe STAD. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA MAN Tanggeung-Cianjur. Sampel yang diambil yaitu kelas XI IPA I menggunakan model cooperative learning tipe GI dengan jumlah siswa 31 orang dan XI IPA II menggunakan model cooperative learning tipe STAD dengan jumlah siswa 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan angket respon. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji t), analisis lembar observasi dan analisis angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe GI diperoleh rata-rata nilai Posttest sebesar 79,84 berkategori baik dengan N-Gain sebesar 0,66 berkualifikasi tinggi, serta hasil rata-rata analisis respon siswa sebesar 4,42 berkualifikasi tinggi. Sedangkan pada kelas yang menggunakan model cooperative learning tipe STAD diperoleh rata-rata nilai Posttest sebesar 77,26 berkategori baik, dengan N-Gain sebesar 0,57 berkualifikasi tinggi, serta hasil rata-rata analisis respon siswa sebesar 4,30 berkualifikasi tinggi. Hasil uji t pada N-Gain kelas GI dan STAD diperoleh thitung 2,46 > ttabel 1,67 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran sistem pencernaan dengan menggunakan model cooperative learning tipe GI lebih baik daripada menggunakan model cooperative learning tipe STAD dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Siswa; Sistem Pencernaan; Model Cooperative Learning Tipe GI (Group Investigation) Dengan STAD (Student Team Achievement Division)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Human Anatomy, Cytology, Histology > Digestive Tract Organs
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2016 07:16
Last Modified: 15 Jul 2019 03:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item