Pengaruh keadilan distributif dan keadilan prosedural terhadap kepuasan kerja: Studi pada karyawan PT. Muara Griya Lestari Kota Sukabumi

Santika, Komala Karania (2018) Pengaruh keadilan distributif dan keadilan prosedural terhadap kepuasan kerja: Studi pada karyawan PT. Muara Griya Lestari Kota Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan kerja merupakan salah satu variabel yang sering digunakan dalam peneltian dimana kepuasan kerja merupakan faktor untuk menumbuhkan perilaku fungsional bagi karyawan. Faktor kepuasan kerja tersebut akan membawa perusahaan untuk mengambil berbagai kebijakan yang diperlukan sehingga akan memberikan kepuasan dan memaksimalkan kinerja karyawan. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja diantaranya adalah keadilan distributif dan keadilan prosedrual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keadilan distributif dan keadilan prosedural terhadap kepuasan kerja karyawan bagian produksi di PT. Muara Griya Lestari Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dimana penentuan jumlah sampel digunakan menggunakan rumus Slovin sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 93 responden. Adapun instrumen penelitian yang digunakan diuji dengan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan pengujian hipotesisnya diuji dengan uji regresi linier berganda, uji t, uji F, uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keadilan Distributif berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, dengan nilai t hitung 9,520 > t tabel 1,66196, dan nilai signifikan 0,000 < probabilitas 0,05. (2) Keadilan prosedural berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, dengan nilai t hitung 8,191 > t tabel 1,66196, dan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas 0,05. (3) Keadilan distributif dan keadilan prosedural berpengaruh posiif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan, dengan F hitung sebesar 274,764 > Ftabel 3,10. Dan dengan nilai R square (R2) atau nilai koefisien determinasi sebesar 0,859. Hal ini menunjukkan presentase sumbangan pengaruh keadilan distributif dan keadilan prosedural terhadap kepuasan kerja sebesar 85,9% berarti pengaruh yang diberikan kedua variabel ini adalah sangat tinggi, sedangkan sisanya 14,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keadilan Distributif; Keadilan Prosedural; Kepuasan Kerja
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Komala Karania Santika
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:22
Last Modified: 07 Aug 2018 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12269

Actions (login required)

View Item View Item