Relevansi konsep nilai-nilai pendidikan Islam dalam perspektif Buya Hamka: Penelitian perkembangan pendidikan Islam Modern di SD dan SMP Al-Azhar 36 Kota Bandung

Zainul Haq, Mohamad Fakhri (2017) Relevansi konsep nilai-nilai pendidikan Islam dalam perspektif Buya Hamka: Penelitian perkembangan pendidikan Islam Modern di SD dan SMP Al-Azhar 36 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya pengembangan pendidikan Islam di SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung terutama pada permasalahan nilai akhlak siswa yang mulai menurun, permasalahan pengembangan guru yang mulai melemah, permasalahan kurikulum yang tidak berkembang dan permasalahan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam perspektif Buya Hamka, 2) perkembangan Pendidikan Islam di SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung, 3) relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam perspektif Buya Hamka terhadap pengembangan Pendidikan Islam di SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung, 4) dampak kependidikan perspektif Buya Hamka pada pengembangan pendidikan Islam di SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung 5) faktor penunjang dan penghambat terhadap perkembangan Pendidikan Islam Modern di SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah dengan dilaksanakannya pengembangan nilai-nilai Pendidikan Islam Perspektif Buya Hamka di sekolah SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung, merupakan bagian salah satu upaya untuk megembangkan nilai-nilai ilmu, amal dan keadilan yang ditanamkan kepada siswa di sekolah. Nilai-nilai pendidikan Islam di sekolah SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung yang ditanamkan oleh guru kepada siswa, akan berdampak terhadap pandangan hidup yang dilandasi nilai-nilai ajaran Islam, yang diaktualisasikan dalam bentuk sikap dan perilaku sebagai wujud pengamalan keagamaan dan akhlak mulia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriftif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) nilai-nilai pendidikan Islam perspektif Buya Hamka diantaranya adalah nilai ilmu, nilai akhlak dan nilai keadilan sebagai nilai-nilai mengembangkan pendidikan Islam di Sekolah Modern SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung, 2) implementasi pendidikan Islam perspektif Buya Hamka memberi pengaruh positif terhadap perkembangan pendidikan Islam di sekolah Modern SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung, 3) relevansi nilai pendidikan Islam perspektif Buya Hamka diantaranya adalah relevansi nilai ilmu berkonstribusi pada pengembangan tujuan (visi misi sekolah), serta pengembangan kurikulum di sekolah (ilmu agama, ilmu umum, ilmu keterampilan dan ilmu seni), pengembangan metode belajar dan evaluasi pendidikan (penilaian input, proses dan out put sekolah). 4) dampak kependidikan perspektif Buya Hamka pada pengembangan pendidikan di SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung adalah a) kemajuan ibadah b) kemajuan akhlak guru dan siswa, c) peningkatan kedisiplinan siswa. 5) Adapun faktor penunjang Pendidikan Islam Modern di SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung diantaranya adalah a) pengembangan kompetensi guru, b) Sarana Prasarana yang menunjang, c) pengembangan kurikulum, d) peningkatan kegiatan keagamaan di sekolah, e) pembiayaan pendidikan, f) dukungan orang tua dan masyarakat sekitar.Sedangkan faktor penghambat Pendidikan Islam Modern di SD dan SMP Al-Azhar 36 Bandung adalah a) rendahnya kompetensi guru, b) kurangnya sumber biaya pendidikan, c) kurangnya inovasi pembelajaran, d) kurangnya kerja sama orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Buya Hamka
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Biography, Obituary > Education and Research of Biography
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd Mohamad Fakhri Zainul Haq
Date Deposited: 03 Aug 2018 09:17
Last Modified: 12 Jan 2022 03:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12240

Actions (login required)

View Item View Item