Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja: studi pada perawat RS. Al-Islam Bandung

Putri, Nita Argita (2018) Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja: studi pada perawat RS. Al-Islam Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja yang rendah salah satunya disebabkan oleh ketidakhadiran, Suatu pekerjaan akan sulit diselesaikan apabila pegawainya tidak hadir di kantor. Ketidakhadiran tersebut akan membebankan perusahaan karena dianggap tidak efektif. Tingkat kepatuhan karyawan terhadap peraturan kekaryawanan RS. Al-Islam Bandung salah satunya angka keterlambatan dan ketidakhadiran masih melebihi standar yang ditetapkan sehingga perlu adanya monitoring, evaluasi, dan pembinaan yang lebih ditingkatkan lagi. Dengan ketidakhadiran pegawai, maka akan adanya perilaku yang dilakukan oleh pegawai lain, misalnya membantu tugas rekan kerja yang tidak hadir dan hal tersebut termasuk kedalam Organizational Citizenship Behavior (OCB). Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Menguji pengaruh positif Altruism terhadap kinerja, 2) Menguji pengaruh positif Courtesy terhadap kinerja, 3) Menguji pengaruh positif Civic Virtue terhadap kinerja, 4) Menguji pengaruh positif Sportmanship terhadap kinerja, 5) Menguji pengaruh positif Conscientiousness terhadap kinerja, dan 6) Menguji pengaruh Altruism, Courtesy, Civic Virtue, Sportmanship, dan Conscientiousness secara simultan terhadap kinerja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan rumusan masalah, sedangkan metode verifikatif digunakan untuk menguji hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah 139 perawat rawat inap. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial; Altruism berpengaruh positif terhadap kinerja, Courtesy berpengaruh positif terhadap kinerja, Civic Virtue berpengaruh positif terhadap kinerja, Sportmanship berpengaruh positif terhadap kinerja, dan Conscientiousness berpengaruh positif terhadap kinerja. Hal ini dibuktikan dalam uji t pada tiap variabel bebas memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel. Kemudian Altruism, Courtesy, Civic Virtue, Sportmanship, dan Conscientiousness secara simultan berpengaruh terhadap kinerja. Hal tersebut dibuktikan dalam uji F yang memperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 57.543 ≥ 2.44. Kinerja perawat Rumah Sakit Al-Islam Bandung dipengaruhi oleh Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebesar 68.4% dan sisanya 31.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Organizational Citizenship Behavior (OCB); Altruism; Courtesy; Civic Virtue; Sportmanship; Conscientiousness; Kinerja
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nita Argita Putri
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:55
Last Modified: 31 Oct 2018 07:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12214

Actions (login required)

View Item View Item