Penerapan strategi bingo untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MI: Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Naelushibyan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Agustin, Bella Seftiany (2018) Penerapan strategi bingo untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MI: Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Naelushibyan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4 BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah, yaitu masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi Aku Suka Shalat Witir. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru yang terkesan membosankan. Sehingga aktivitas siswa di dalam kelas menjadi pasif karena pembelajaran yang kurang menyenangkan. Maka untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Bingo yang mengharuskan siswa untuk berperan aktif dan tentunya pembelajaran lebih menyenangkan karena lebih bersifat seperti permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi Bingo pada mata pelajaran Fikih di Kelas III MI Naelushibyan; 2) proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Bingo pada mata pelajaran Fikih di Kelas III MI Naelushibyan; 3) hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi Bingo pada mata pelajaran Fikih di Kelas III MI Naelushibyan. Penelitian ini didasarkan padda pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya penggunaan strategi pembelajaran yang tepat, diantaranya strategi Bingo. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan strategi Bingo diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menempuh langkah-langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus dan empat kali tindakan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan statiska dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi Bingo masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 56,46. (2) Penerapan strategi Bingo berjalan baik sesuai dengan tahapannya. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Adapun rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah 75% (Baik), pada siklus II adalah 97,5% (Sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I adalah 65% (Baik), siklus II adalah 91,25% (Sangat baik). (3) hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi Bingo mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 71,66 (baik), pada siklus II adalah 80,41 (Sangat baik) dan pada post test 88,54 (Sangat baik). Adapun nilai persentase ketuntasan belajar klasikal pada pra siklus 16,67% (Sangat kurang), siklus I adalah 37,5% (Sangat kurang), pada siklus II adalah 70,83% (Baik) dan pada post test adalah 87,5% (Sangat baik). Maka dapat disimpulkan bahwa strategi Bingo dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MI pada siswa kelas III MI Naelushibyan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: fikih; hasil belajar siswa; madrasah ibtidaiyah; strategi Bingo
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Bella Seftiany Agustin
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:07
Last Modified: 03 Aug 2018 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12194

Actions (login required)

View Item View Item