Pengaruh Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Assets (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR): Studi pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk periode 2004-2016

Kholipah, Endah Sri (2018) Pengaruh Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Assets (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR): Studi pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk periode 2004-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil dari penelitian terdahulu mengenai pengaruh Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Assets (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk berfluktuasi dan tidak mengindikasikan adanya penerapan kebijakan pembayaran dividen yang stabil selama periode 2004-2016. Para pemegang saham umumnya menginginkan pembayaran dividen yang relatif stabil karena hal tersebut akan mengurangi ketidakpastian dan juga dapat meningkatkan kepercayaan pemegang saham terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Assets (ROA) secara parsial dan simultan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk Periode 2004-2016. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yaitu untuk Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), dan Return On Assets (ROA) peneliti menggunakan teori dari Kasmir (2017) dalam bukunya yang berjudul Analisis Laporan Keuangan. Sedangkan untuk variabel Debt to Equity Ratio (DER), dan Dividend Payout Ratio (DPR) peneliti menggunakan teori dari Irham Fahmi (2014) dalam bukunya yang berjudul Analisis Laporan Keuangan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk sejak IPO pada tahun 1990 sampai tahun 2016 di Bursa Efek Indonesia, sedangkan sampel yang digunakan adalah laporan keuangan PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk periode 2004 sampai tahun 2016. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F), koefisien determinasi, dan analisis data menggunakan program SPSS 21. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Assets (ROA) baik secara parsial maupun simultan terbukti tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk Periode 2004-2016. Kemampuan prediksi Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Assets (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) yaitu sebesar 3,9% sedangkan sisanya 96,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Net Profit Margin (NPM); Debt to Equity Ratio (DER); Return On Assets (ROA); Dividend Payout Ratio (DPR)
Subjects: Econmics > Economists
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Endah Sri Kholipah
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:21
Last Modified: 03 Aug 2018 06:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12178

Actions (login required)

View Item View Item