Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Pokok Sistem Pemerintahan Daerah Melalui Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray: Penelitian Tindakan Kelas Di MI Husainiyah kelas IV Cicalengka-Bandung

Nurjanah, Fitri (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Pokok Sistem Pemerintahan Daerah Melalui Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray: Penelitian Tindakan Kelas Di MI Husainiyah kelas IV Cicalengka-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas IV MI Husainiyah. Bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Oleh karena itu layak dipermasalahkan, bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar PKn materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi melalui model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV MI Husainiyah Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) proses pembelajaran PKn materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi melalui model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray; (2) hasil belajar siswa kelas IV MI Husainiyah pada pelajaran PKn materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi melalui model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray setiap siklus; (3) hasil belajar siswa kelas IV MI Husainiyah pelajaran PKn materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi melalui model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray di akhir siklus. Penelitian ini bertolak pada asumsi teori yang menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn salah satunya dipengaruhi oleh proses pembelajaran melalui model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray. Dari kajian teori tersebut dirumuskan hipotesis yaitu Penggunaan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Husainiyah pada mata pelajaran PKn materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian disusun dalam satuan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kegiatan perefleksian dilakukan setiap akhir siklus. Data diperoleh dari subjek yang diteliti adalah semua orang siswa kelas IV MI Husainiyah yang berjumlah 29 orang. Data diperoleh melalui format catatan lapangan, lembar observasi siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian diketahui proses pembelajaran PKn materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi melalui model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray: Siklus I aktivitas guru sebesar 68,42 %, siklus II 84,42 %, dan siklus III 100%. Aktivitas siswa siklus I 64,70 %, siklus II 82,35 % dan siklus III 100%. Diketahui juga ada peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi melalui model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray setiap siklus: siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 67,93, siklus II 80,68 dan siklus III 88,62. Hasil belajar siswa di akhir siklus mengalami peningkatan sangat baik yaitu sebesar 88,62 pada rentang 80%-100% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa; mata pelajaran PKN; Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray.
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 18 Aug 2018 04:27
Last Modified: 18 Aug 2018 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12167

Actions (login required)

View Item View Item