Manajemen hubungan masyarakat di kuttab Al Fatih Bandung

Shelvira, Della (2018) Manajemen hubungan masyarakat di kuttab Al Fatih Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)

Abstract

Kuttab dianggap asing bagi sebagian masyarakat sehingga masyarakat masih menyesuaikan diri dengan konsep pendidikan kuttab. Menurut sejarahnya masyarakat muslim tidak membolehkan Kuttab terpisah dan ada pembatas dengan masyarakat. Untuk itulah Kuttab berinteraksi dengan masyarakatnya dan bergabung dalam kehidupan harian mereka. Adanya pembatas antara kuttab dan masyarakat bisa berpengaruh terhadap kepercayaan dan partisipasi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen Hubungan Masyarakat di Kuttab Al Fatih Bandung dari perencanaan, implementasi, evaluasi, hingga faktor pendukung dan penghambat humas di Kuttab Al Fatih Bandung. Hubungan sekolah dengan masyarakat merupakan salah satu bentuk silaturahmi dengan tujuan agar terciptanya hubungan yang harmonis. Maka dari itu hubungan tersebut semaksimal mungkin harus dijaga dan terus dikembangkan agar kegiatan sekolah dan pendidikan semakin efektif dan efisien. Untuk menjaga hubungan tersebut maka diperlukan manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat yang terdiri dari perencanaan, implementasi dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi, pengecekan teman sejawat, kecukupan referensi, analisa kasus negatif, pengecekan anggota, uraian rinci dan auditing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen hubungan masyarakat di Kuttab Al Fatih Bandung berjalan dengan lancar meskipun tugas ini dipegang oleh official Kuttab dan divisi Tawaf. Pembuatan perencanaan mengacu pada visi misi dan profil Kuttab Al Fatih Bandung yang merujuk kepada Alquran, hadits dan sirah nabi. Implementasi dilakukan dengan menjalankan program-program yang telah direncanakan yang melibatkan seluruh stakeholder kuttab. Evaluasi dilakukan setelah program atau kegiatan telah dilaksanakan. Evaluasi ini untuk menilai keberhasilan program dan memusyawarahkan jika terjadi permasalahan. Faktor pendukung hubungan masyarakat berasal dari internal Kuttab yaitu sumberdaya manusia Kuttab yang memiliki mindset ikhlas dan niat untuk beribadah ketika melakukan segala kegiatan. Faktor penghambat hubungan masyarakat berasal dari eksternal yaitu orang tua dan masyarakat yang memiliki pemahaman yang berbeda-beda tentang konsep pendidikan Kuttab. Kuttab considered something new to some people so that people are still adjusting to the concept of kuttab education. According to history Muslim society does not allow Kuttab apart and there is a barrier with the community. For this reason Kuttab interacts with his people and joins in their daily life. The existence of a barrier between kuttab and society can affect the trust and participation of the community. The purpose of this research is to know and describe Public Relations Management in Kuttab Al Fatih Bandung from planning, implementation, evaluation, supporting factor and inhibiting public relations in Kuttab Al Fatih Bandung. School relations with the community is one form of hospitality with the aim to create a harmonious relationship. Therefore the relationship should be maintained as much as possible and continue to be developed so that school activities and education more effective and efficient. To maintain the relationship, it is necessary to manage the relationship between the school and the community which consists of planning, implementation and evaluation. The method used in this research is qualitative. Data collection using observation method, interview and documentation study. The data validity test uses extension opt-in techniques, observer persistence, triangulation, peer checking, reference adequacy, negative case analysis, member checking, detailed description and auditing. The results of this research indicate that public relations management in Kuttab Al Fatih Bandung runs smoothly even though this task is held by Kuttab official and Tawaf division. Planning is based on the vision, mission and profile of Kuttab Al Fatih Bandung which refers to the Qur'an, hadith and sirah of the prophet. Implementation is done by running programs that have been planned that involve all stakeholders kuttab. Evaluation is done after the program or activity has been implemented. This evaluation to assess the success of the program and deliberate in case of problems. The supporting factor of community relations comes from Kuttab internal Kuttab human resources who have sincere mindset and intention to worship when doing all activities. Factors inhibiting public relations comes from external parents and communities who have different understandings about the concept of Kuttab education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Hubungan Masyarakat; Kuttab;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Della Shelvira
Date Deposited: 07 Dec 2018 02:10
Last Modified: 07 Dec 2018 02:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12079

Available Versions of this Item

  • Manajemen hubungan masyarakat di kuttab Al Fatih Bandung. (deposited 07 Dec 2018 02:10) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item