Penggunaan media pembelajaran zoom presentation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi termodinamika:Penelitian quasi eksperimen kelas XI MIA MAN I Cililin

Indriyani, Rika (2018) Penggunaan media pembelajaran zoom presentation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi termodinamika:Penelitian quasi eksperimen kelas XI MIA MAN I Cililin. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy

Abstract

Hasil indentifikasi di MAN 1 Cililin menemukan bahwa kurangnya keterampilan berpikir kritis pada peserta didik karena proses pembelajaran kurang memotivasi peserta didik. salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah media pembelajaran zooming presentation. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1)mengetahui keterlaksanaan pembelajaran peserta didik dengan menggunakan media zooming presentation (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi termodinamika. Diharapkan dengan menggunakan media pembelajaran zooming presentation dapat melatih dan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA MAN Cililin. Metode penelitiannya adalah Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi kelas XI MIPA 1 dan 2 sebanyak 50 peserta didik, samel yang diambil dengan purposive sampling. Data mengenai keterlaksanaan guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui tes soal uraian sebanyak 6 soal. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan peserta didik menggunakan media pembelajaran zooming presentation mengalami peningkatan setiap pertemuannya; dengan rata-rata keterlaksanaan dari seluruh pertemuan aktivitas peserta didik 89% dengan kategori sangat baik dan aktivitas guru sebesar 85.8% dengan kategori sangat baik. Selain itu juga terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya media pembelajaran zooming presentation dengan peningkatan dari rata-rata nilai n-gain sebesar 0.48 yang termasuk kedalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zooming presentation; keterampilan berpikir kritis; termodinamika.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rika Indriyani
Date Deposited: 01 Aug 2018 06:30
Last Modified: 01 Aug 2018 06:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12055

Actions (login required)

View Item View Item