Peranan Pimpinan Dalam Pengelolaan Pondok Pesantren; Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Jalan Veteran No 155 Kelurahan Nagri Kaler Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta.

Nazmudin, Muhamad Lutfi (2018) Peranan Pimpinan Dalam Pengelolaan Pondok Pesantren; Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Jalan Veteran No 155 Kelurahan Nagri Kaler Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN SGD Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2018.

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang mampu bertahan di tengah hingar bingar perkembangan zaman. Lembaga ini telah melewati berbagai macam ujian serta perkembangan diberbagai bidang. Dibalik berkembang dan majunya suatu Lembaga tentu dibelakangnya ada seorang pemimpin yang mampu mengendalikan serta menggerakkan roda organisasi sehingga pada akhirnya tujuan yang telah dirumuskan bisa tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan dan kebijakan yang diterapkan pimpinan dalam pengelolaan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta. Penelitian ini menggunakan teori peranan merupakan suatu penggeneralisasian dari fakta mengenai sifat-sifat dasar perilaku pemimpin dan konsep-konsep peranan, dengan menekankan latar belakang historis dan sebab-musabab timbulnya peranan serta persyaratan untuk menjadi pemimpin; sifat-sifat yang diperlukan oleh seorang pemimpin, tugas-tugas pokok dan fungsinya serta peranannya dalam memimpin suatu Lembaga atau organisasi tertentu. Metode penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: lokasi penelitian, metode penelitian, jenis data, sumber data, tehnik pengmpulan data, Teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan pimpinan dalam pengelolaan pondok pesantren tidak hanya berperan sebagai pemimpin saja, akan tetapi beliau juga berperan sebagai educator, manajerial, innovator, administrator, bahkan supervisor terhadap segala sesuatu yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien dalam rangka pencapaian tujuan. Sedangkan tipe kepemimpinan beliau lebih condok pada tipe kepemimpinan demokratis dan kharismatis. Hal tersebut dapat terlihat dari cara beliau dalam mengambil keputusan yang selalu menggunakan kebersamaan dalam musyawarah untuk mencapai kata mufakat. Kemudian dalam proses penyusunan kebijakan program beliau selalu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya adalah tujuan utama dan fungsi keberadaan pesantren, kebutuhan santri, kondisi santri serta kondisi sarana dan prasarana yang ada di pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan Pimpinan; Pengelolaan; Pondok Pesantren
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Cecep Abdu Rohman
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:56
Last Modified: 31 Jul 2018 03:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12036

Actions (login required)

View Item View Item