Pembentukan karakter baik dan kuat dan perubahan perilaku sosial santri melalui program santri siap guna: Studi di Daarut Tauhiid

Tiara, Nurjanah (2017) Pembentukan karakter baik dan kuat dan perubahan perilaku sosial santri melalui program santri siap guna: Studi di Daarut Tauhiid. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kepribadian individualisme seringkali berawal dari pola rutinitas seseorang sehingga beberapa orang yang memiliki kepriadian individualisme seringkali mulai muncul sikap acuh tak acuh (apatis) terhadap lingkungan masyarakat sekitar bahkan kebahagian maupun musibah yang dialami tetangga tidak terlalu perhatian untuk peduli. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perubahan perilaku sosial santri peserta program santri siap guna, untuk mengetahui wujud perubahan perilaku sosial santri peserta program santri siap guna, dan untuk mengetahui proses pembentukkan karakter baku (baik dan kuat) terhadap peserta santri siap guna. Dalam penelitian menggunakan teori Exchange oleh George Caspar Homans. Dalam teori exchange dijelaskan bahwa jika tingkah laku atau kejadian sudah lewat dalam konteks stimulus dan situasi tertentu memperoleh ganjaran, maka besar kemungkinan tingkah laku atau kejadian yang mempunyai hubungan stimulus dan situasi yang sama akan terjadi atau dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data Wawancara mendalam (depth interview), Observasi langsung (Direct Observatio) dan Dokumentasi (Documentation) Sumber data diperoleh dari studi pustaka, peristiwa atau aktivitas, tempat atau lokasi, informan yaitu alumni peserta Santri Siap Guna dan Pelatih Unit Santri Siap Guna Daarut Tauhiid. Hasil penelitian menyimpulkan perbedaan yang terjadi kepada peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti program diklat Santri Siap Guna Daarut Tauhiid Bandung adalah terjadinya perubahan yang bermakna dimana kebiasaan beragama dan sosial yang diterapkan selama pelatihan menghasilkan perubahan yang signifikan. Wujudnya mayoritas kaum perempuan yang menunjukkan konsep dalam berpakaian dan berjilbab panjang yang tidak menonjolkan bagian tubuh wanita, sangat sederhana dan mudah dipakai. Peserta dibuat lebih peka terhadap lingkungan sekitar dengan diarahkan melaksanakan bakti sosial dalam rangka pengabdian masyarakat sehingga program diklat tidak hanya dirasakan oleh individu melainkan dirasakan oleh orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Perubahan Perilaku Sosial; Perubahan Sosial
Subjects: Religious Education
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Tiara Nurjanah
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:27
Last Modified: 30 Jul 2018 06:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11939

Actions (login required)

View Item View Item