Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PRP (Practice Rehearsal Pairs) Hubungannya dengan hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Materi Wudhu; Penelitian dikelas VII A SMP Terpadu Manahijul Huda Rajapolah Kab.Tasikmalaya

Rahman, Gina Nuraeni (2018) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PRP (Practice Rehearsal Pairs) Hubungannya dengan hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Materi Wudhu; Penelitian dikelas VII A SMP Terpadu Manahijul Huda Rajapolah Kab.Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan dikelas VII A SMP Terpadu Manahijul Huda peneliti menemukan penerapan metode pembelajaran PRP (Practice Rehearsal Pairs) dalam mata pelajaran fikih materi wudhu. Akan tetapi belum ada yang meneliti seberapa baik metode ini hubungannya dengan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui dari nilai rapot peserta didik diakhir semester ada yang nilainya bagus dan ada yang nilainya masih dibawah KKM. Adapun usaha guru khususnya dalam menerapkan metode PRP (Practice Rehearsal Pairs) sudah disampaikan dengan baik. Hal ini nampak melalui kesungguhan siswa dalam proses belajar, mereka melakukan suatu kecakapan atau prosedur dengan baik satu sama lain, serta berperan aktif dan memiliki tanggung jawab belajar yang benar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PRP (Practice Rehearsal Pairs) (2) Untuk mengetahui realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi wudhu (3) Untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PRP (Practice Rehearsal Pairs) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi wudhu di kelas VII A SMP Terpadu Manahijul Huda Rajapolah Kerangka penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh tanggapan siswa. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PRP (Practice Rehearsal Pairs) hubungannya dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi wudhu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan alat pengukur data berupa angket dan tes, analisis data kuantitatif yang digunakan dengan pendekatan statistik yaitu mencari hubungan antara variabel X (tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PRP (Practice Rehearsal Pairs) terhadap variabel Y (hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi wudhu). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PRP (Practice Rehearsal Pairs) memperoleh nilai rata-rata 3,66 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,6 - 4,5. (2) Realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih diperoleh rata-rata 73,42, dengan kualifikasi baik karena berada pada interval 70-79. (3) Dan realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode PRP (Practice Rehearsal Pairs) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi wudhu diperoleh nilai korelasi sebesar 0,72 dengan kualifikasi kuat/tinggi karena berada pada interval 0,600-0,799. Hasil pengujian hipotesis menujukan thitung 5,12 > ttabel 2,06. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ho di tolak dan Ha di terima artinya ada hubungan yang signifikan antara variebel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 30 % artinya diperkirakan masih ada pengaruh lain sebesar 70 % yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi wudhu baik dari faktor internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Metode PRP (Practice Rehearsal Pairs); fikih; wudhu
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Gina Nuraeni Rahman
Date Deposited: 27 Jul 2018 04:02
Last Modified: 27 Jul 2018 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11877

Actions (login required)

View Item View Item