Aktivitas ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran hubungannya dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam: penelitian pada siswa kelas V dan VI SDN Dr. Satiman Subang, Kab. Subang

Irawati, Titing (2010) Aktivitas ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran hubungannya dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam: penelitian pada siswa kelas V dan VI SDN Dr. Satiman Subang, Kab. Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)

Abstract

Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi. Substansi pengembangan diri secara terpadu, dilaksanakan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu ekstrakurikuler kegiatan keagamaan, berupa kegiatan baca tulis Al-Quran dengan tujuan peningkatan kemampuan baca tulis huruf Al-Quran. Fenomena di lapangan menunjukkan, bahwa aktivitas ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, tetapi di sisi lain beberapa siswa mempunyai prestasi belajar pada mata pelajaran PAI cenderung kurang baik bahkan memiliki nilai yang relatif rendah, artinya masih berada di bawah nilai standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas aktivitas ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran, realitas prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, dan realitas hubungan antara aktivitas ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran dengan prestasi belajar PAI siswa kelas V dan VI SDN Dr. Satiman Subang. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa tinggi rendahnya prestasi siswa pada mata pelajaran PAI di sekolah salah satunya ditentukan oleh aktivitas belajar yang berlangsung secara efektif dan efisien. Jika aktivitas ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran mereka baik, maka akan semakin tinggi prestasi mereka pada mata pelajaran PAI di sekolah, begitu juga sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, kemudian penulis melakukan studi kepustakaan sebagai landasan teoritik, dan untuk penggalian data empiriknya diupayakan dengan observasi, menyalin data, wawancara dan penyebaran angket kepada 40 siswa kelas V dan VI SDN Dr. Satiman Subang, Kab. Subang. Analisis datanya menggunakan analisis logika untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran mata pelajaran PAI termasuk kategori tinggi, dengan nilai rata-rata sebesar 3,56 yang berada pada interval 3,5-4,5. Prestasi belajar mereka termasuk berkualifikasi baik, dengan nilai rata-rata 71,1 yang berada pada interval 70-79. Korelasi keduanya adalah: rendah dengan skor 0,37 yang berada pada interval 0,20-0,40. Besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 7%. Artinya setiap peningkatan aktivitas ekstrakurikuler baca tulis Al-Quran terbukti berpengaruh terhadap prestasi kognitif mereka sebesar 7%. Sementara itu berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui harga thitung 2,45 lebih besar dari harga ttabel 1,68. Data tersebut mengisyaratkan bahwa hasil penelitian ini signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: SDN Dr. Satiman Subang; Prestasi Belajar; Baca Tulis Al-Quran;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ija Suntana
Date Deposited: 19 Apr 2016 06:23
Last Modified: 14 Nov 2018 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item