Hubungan antara Aktivitas Keagamaan di Masyarakat dengan Prestasi Kognitif PAI di Sekolah (Penelitian terhadap Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Cibiru)

Tarmadi, Tarmadi (2010) Hubungan antara Aktivitas Keagamaan di Masyarakat dengan Prestasi Kognitif PAI di Sekolah (Penelitian terhadap Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Cibiru). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari studi pendahuluan di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru. Realitas di lapangan menunjukan, beberapa siswa selain mengikuti kegiatan di sekolah juga ikut beraktivitas dalam bidang keagamaan di masyarakat, namun di sisi lain masih terdapat kesenjangan, diantaranya adalah menurunnya prestasi kognitif dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam. Hal ini menarik untuk diteliti yaitu mengenai “Hubungan antara Aktivitas Keagamaan di Masyarakat dengan Prestasi Kognitif PAI di sekolah (Penelitian Terhadap siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Cibiru)�. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas keagamaan siswa di masyarakat, prestasi kognitif mereka pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan hubungan antara aktivitas keagamaan di masyarakat dengan prestasi kognitif PAI di sekolah tersebut. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa aktivitas dan pengalaman-pengalaman yang telah diterima oleh siswa akan menambah prestasi belajar mereka. Secara logika, semakin baik aktivitas keagamaan di masyarakat maka semakin baik pula prestasi kognitif PAI di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini dianggap tepat untuk mendapatkan informasi yang jelas melalui analisis hubungan keduanya. Adapun datanya dianalisis menggunakan analisis korelasioner. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan tes prestasi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Cibiru yang berjumlah 25 orang. Dari hasil pengolahan data, karena kedua variabel (X dan Y) berdistribusi tidak normal penafsirannya dilihat nilai ketiga tendensi sentral (mean, median, modus) dibagi dengan jumlah item soal, diperoleh kesimpulan bahwa realitas aktivitas keagamaan di masyarakat (X) ditunjukan dengan perolehan angka mean 42,8: 15 = 2,85, median 43,42: 15 = 2,89 dan modus 45,12: 15 = 3,00 dan ketiga tendensi tersebut dengan kualifikasi cukup karena berada pada interval 2,5 – 3,5. Sedangkan realitas prestasi kognitif mereka pada bidang studi PAI (Y) ditunjukan dengan perolehan angka mean 54,6:15 = 3,64 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,5 – 4,5, median 55.71:15 = 3,71 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,5 – 4,5, modus 61,5:15 = 4,1 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,5 – 4,5, dari ketiga tendensi tersebut dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,5 – 4,5. Hubungan antara aktivitas keagamaan di masyarakat dengan prestasi kognitif PAI di sekolah adalah sebesar 0,029 dengan tingkat korelasi sangat rendah karena berada pada interval 0,0 – 0,20. Begitu pula dengan hasil analisis uji signifikansi korelasi, menunjukan bahwa thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,138<1,71. Selain itu, kadar pengaruh hubungan antara aktivitas keagamaan di masyarakat dengan prestasi kognitif PAI di sekolah mencapai 1%. Oleh karena itu, masih ada 99% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aktivitas keagamaan,prestasi kognitif,prestasi siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ija Suntana
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:57
Last Modified: 06 Dec 2017 07:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item View Item