Pengaruh Penggunaan Media Edukasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMP pada Konsep Sistem Pencernaan

Ayu Nur Oktafiani Ramlia, Ayu (1210020 6018) (2014) Pengaruh Penggunaan Media Edukasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMP pada Konsep Sistem Pencernaan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)

Abstract

Salah satu sekolah SMP N 1 GabusWetan yang berada di kabupaten Indramayu merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang ikut berperan aktif dalam meningkatkan kemampuan intelektual bangsa Indonesia. Akan tetapi dalam proses pembelajaran, masih ada guru yang belum sepenuhnya menerapkan media pembelajaran yang efektif, terutama dalam memotivasi dan memberikan kesempatan siswa untuk interaksi aktif. Maka dalam rangka meningkatkan keaktifan siswa kiranya perlu disempurnakan proses belajar mengajar, terutama pembelajaran biologi pada materi Sistem Pencernaan. Dengan demikian, media Pembelajaran Edukasi dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan media Pembelajaran Edukasi pada materi Sistem Pencernaan. Hipotesis penelitian yaitu Hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen lebih baik dari pada hasil belajar siswa pada kelas Kontrol pada pembelajaran materi Sistem Pencernaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode yang eksperimental semu (Quasi-Eksperimental) dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dua kelas yang diambil dengan tujuan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan test sebanyak 25 soal pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Edukasi di kelas Eksperimen memperoleh nilai rata-rata 75,84 (baik), dan di kelas Kontrol memperoleh nilai rata-rata 71,60 (cukup). Dari hasil uji t di peroleh thitung sebesar 1,63 dan ttabel 0,85 yang artinya thitung>ttabel. Hal ini berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada pembelajaran Media Edukasi di kelas Eksperimen dan di kelas Kontrol . Dengan perkataan lain bahwa Media Edukasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Edukasi, Hasil Belajar, Siswa, SMP, Sistem Pencernaan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Human Anatomy, Cytology, Histology > Digestive Tract Organs
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:16
Last Modified: 10 May 2016 02:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item