Sistem pendidikan Pondok Pesantren Al-Quran: penelitian di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah II Nagreg Bandung

Martini, Sulastri Indah Eka (2010) Sistem pendidikan Pondok Pesantren Al-Quran: penelitian di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah II Nagreg Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_bab1to4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini diadakan karena ingin mencari informasi tentang sistem pondok pesantren Al-Quran Al-Falah II Nagreg sebagai lembaga pendidikan Islam yang kreatif dan modern dengan perpaduan antara pendidikan Islam dan umum. Dan menarik untuk diketahui karena proses sistem pendidikannya yang maju, memberikan peluang bagi para santri untuk mengembangkan dirinya bukan saja nantinya sebagai calon ulama, tetapi juga sebagai intelektual muslim dalam pengertian sarjana yang mengetahui pengetahuan umum juga mengetahui pengetahuan Agama. Pesantren ini adalah lembaga pendidikan Islam yang menekankan bidang ilmu Al-Quran dan Madrasah pendidikan sekolah Aliyah untuk tingkat yang ingin meneruskan kepada pendidikan selanjutnya. Para santri selain nyantri mengikuti pengajian juga dengan sekolah aktif berjalan sesuai aturan yang telah ditentukan di pesantren Al-Quran. Secara keseluruhan mengamati proses pendidikan yang ada di dalam lingkungan pondok pesantren Al-Quran Al-Falah II Nagreg. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari informasi tentang bagaimana rumusan masalahnya mengenai profil pondok pesantren Al-Quran, teori sistem pendidikan di pondok pesantren Al-Quran dan karakteristik sistem pendidikan pondok pesantren Al-Quran Al-Falah II. Dan keunggulan sistem pendidikan, kondisi objektif dan fisik, pelaksanaan sistem pendidikan sampai kepada keberhasilan yang telah dicapai oleh sistem pendidikan pondok pesantren Al-Quran. Penelitian ini bertolak pada kajian teoritik bahwa pendidikan merupakan suatu sistem yang terorganisir terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan dalam rangka mencapai tujuan yang dikehendaki. Asumsi dasarnya adalah bahwa keberhasilan suatu proses pendidikan sangat bergantung pada harmonisasi komponen-komponen sistem. Secara umum penelitian ini bersifat empirik dengan menggunakan metode deskriptif yang teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan menyalin.Dari hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa: Latar belakang masalah berdirinya pondok pesantren Al-Quran Al-Falah II adalah dorongan dakwah Islamiyah dalam meraih takwa mengingat bahwa menuntut ilmu adalah suatu kewajiban dan mengamalkannya suatu perintah dari Allah SWT terutama ilmu Al-Quran yang harus dipelajari. Pada waktu itu masih banyak yang buta huruf dalam membaca Al-Quran dan kurangnya pendidikan Islam maka dari itu tumbuh niat yang tulus dan rasa empati yang didasari oleh itikad yang kuat dari ulama kharismatik KH. Q. Ahmad syahid bin KH. M. Sholeh (Alm) untuk membangun pondok pesantren dan masyarakat sekitar ikut mendukung. Berkembang kepada anaknya KH. Q. Cecep Abdullah syahid, S.Ag yang memimpin pesantren Al-Quran Al-Falah II yang penulis teliti. Memiliki karakteristik pendidikan yang lengkap dan keunggulan mampu menjuarai nasional dan internasional dari hasil pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren Al-Falah; pondok pesantren Al-Quran; Sistem pendidikan;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ija Suntana
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:51
Last Modified: 14 Nov 2018 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item