Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: penelitian kelas VIII SMP Kartya Budi Cileunyi

Wahyuni, Sri (2010) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: penelitian kelas VIII SMP Kartya Budi Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Di antara faktor-faktor yang menentukan keberhasilan siswa yang dilakukan dalam menempuh jenjang pendidikan adalah adanya respon siswa terhadap cara guru memotivasi belajar yang dilakukan guru sebagai salah satu cara untuk mencapai keberhasilan siswa dalam mengembangkan dirinya untuk mengupayakan perkembangan seluruh potensi yang baik potensi kognitif, afektif dan potensi psikomotorik. Hanya saja yang menjadi permasalahannya adalah seberapa besar respon siswa terhadap cara guru memotivasi belajar hubungannya dengan prestasi belajar mereka dalam bidang studi PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas respon siswa terhadap cara guru memotivasi belajar siswa, realitas prestasi kognitif belajar siswa, serta respon siswa terhadap cara guru memotivasi belajar hubungannya dengan prestasi kognitif mereka dalam bidang studi PAI. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa tinggi rendahnya prestasi kognitif seseorang salah satunya dipengaruhi oleh responya dalam memenuhi suatu keinginan. Dari respon yang dilakukan itu pun dapat dinilai dari baik buruknya prestasi kognitif seseorang. Hipotesis yang diajukan adalah semakin baik respon siswa terhadap cara guru memotivasi belajar, maka semakin tinggi prestasi kognitif mereka dalam bidang studi PAI. Demikian pula sebaliknya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, mengingat peristiwa yang ditelitinya berlangsung sekarang dan prosesnya dimulai dari pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Data yang terkumpul secara kualitatif diolah secara logika, sedangkan data yang terkumpul secara kuantitatif dianalisis dengan pengumpulan statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel X dan variable Y tidak berdistribusi normal. Maka penafsirannya menafsirkan mean, median, dan modus. Hasil penafsiran variabel X yaitu mean (62,36:15) maka diperoleh 4,16 termasuk kategori tinggi, median (60,8:15) maka diperoleh 4,05 termasuk kategori tinggi dan modus (58,73:15) maka diperoleh 3,91 termasuk kategori tinggi. Dan penafsiran variabel Y yaitu mean (64,72:75) x 100 maka diperoleh nilai 86,29 termasuk kategori sangat baik, median (67,67:75) x 100 maka diperoleh nilai 90,23 termasuk kategori sangat baik dan modus (70,73:75) x 100 maka diperoleh nilai 94,31 termasuk kategori sangat baik. respon siswa terhadap cara guru memotivasi belajar dengan prestasi kognitif siswa dalam bidang studi PAI terdapat hubungan yang signifikan dengan koofesien korelasi sebesar 0,71 yang berkualitas tinggi karena berad pada rentang 0,61 – 0,80. Adapun variabel X (respon siswa terhadap cara guru memotivasi belajar) terhadap variabel Y (prestsi kognitif siswa dalam bidang studi PAI) sebesar 30%. Dengan demikian, masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PAI; motivasi belajar; guru;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ija Suntana
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:44
Last Modified: 14 Nov 2018 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item