Peran FPI dalam menegakkan amar ma'ruf nahi munkar: Studi kasus terhadap kiprah FPI di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Adawiyyah, Robiatul (2018) Peran FPI dalam menegakkan amar ma'ruf nahi munkar: Studi kasus terhadap kiprah FPI di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memfokuskan kepada gerakan amar ma’ruf nahi munkar yang ditegakkan oleh FPI yang harus tetap diterapkan di masyarakat agar tidak hilang citra Islam pada zaman modern ini, karena banyaknya praktek-praktek kemungkaran yang menjadi adat kebiasaan di masyarakat. Upaya dalam pemberantasan kemungkaran tersebut tidak mudah untuk dihilangkan, maka dari itu perlu ditanamkan tindakan kema’rufan sebagai pendekatan diri terhadap yang Maha Kuasa. FPI memiliki peran dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar dengan menggunakan metode bijaksana, yang berbeda dengan ormas-ormas lainnya yang ada di masyarakat. Penelitian dalam gerakan FPI ini adalah gerakan yang bersifat fundamental dimana masyarakat cara memandangnya berbeda-beda. Meskipun banyak hambatan yang diterima, FPI tetap mengedepankan spirit gerakannya untuk mewujudkan kehidupan masyarakat agar berada dekat kebaikan dan jauh dari kemungkaran. Disini FPI menawarkan jawaban mengenai persoalan itu, dengan visi misi menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi agama. Adapun tentang metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, penelitian perpustakaan, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teori yang dipakai adalah teori peran, dan teori fundamentalisme modernisme. Temuan penelitian tentang FPI dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar ini adalah: terdapatnya peran sebagai tanggung jawab FPI dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, bagaimana cara menyesuaikan diri terhadap masyarakat, dan respon yang diperoleh dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Amar Ma'ruf Nahi Munkar; Gerakan; FPI
Subjects: Associations for Religions Work
Islam > Apologetics and Polemics
Islam > Organizations of Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Robiatul Adawiyyah
Date Deposited: 25 Jul 2018 07:29
Last Modified: 06 May 2019 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11765

Actions (login required)

View Item View Item