Tanggapan siswa terhadap pembelajaran remedial hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: penelitian pada siswa SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Maryam, Siti (2010) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran remedial hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: penelitian pada siswa SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya kesenjangan antara positifnya tanggapan siswa terhadap pembelajaran remedial dengan relatif rendahnya motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Padahal disatu sisi guru telah berupaya sebelumnya dengan menjelaskan apa pembelajaran remedial, tujuan diadakannya pembelajaran remedial dan bentuk pembelajaran remedial. Dari fenomena tersebut muncul permasalahan yang menarik untuk diteliti, yaitu bagaimana hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran remedial hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan pernyataan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan hasil penelitian yang mengungkap realitas tanggapan siswa terhadap pembelajaran remedial, realitas motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan realitas hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran remedial dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi dipengaruhi oleh tanggapan, demikian pula halnya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap pembelajaran remedial. Dengan demikian dapat ditarik hipotesis semakin positif tanggapan siswa terhadap pembelajaran remedial maka akan semakin positif pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif, karena metode ini tepat untuk menggali, mengungkapkan dan menganalisis masalah yang terjadi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dengan teknik pengumpulan datanya adalah angket, wawancara, dan studi kepustakaan. Sedangkan analisis datanya menggunakan dua pendekatan, yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasioner. Dari hasil perhitungan menunjukan variabel X (tanggapan siswa terhadap pembelajaran remedial) berasal dari populasi berdistribusi normal dengan perolehan nilai mean sebesar 59,33 dengan angka rata-rata 3,96 berada pada interval 3,40-4,19 berkualifikasi tinggi, sedangkan untuk variabel Y (motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI) berasal dari populasi berdistribusi normal dengan perolehan nilai mean sebesar 51,25. dengan angka rata-rata 3,42 berada pada interval 2,51–3,5 berkualifikasi cukup. Antara kedua variabel tersebut terdapat hubungan/korelasi rendah sebesar 0,31 berada pada interval 0,51 -3,5 dengan derajat pengaruh sebesar 9,61 %. Hal ini menunjukan bahwa masih banyak faktor lain sebesar 90,39% yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motivasi; PAI; Belajar Siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ija Suntana
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:51
Last Modified: 13 Nov 2018 08:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item